Sabtu, 21 September 2024
Sabtu, 21 September 2024

INDEPTH : Kendaraan Listrik Serbu Indonesia

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Kendaraan listrik mulai banyak masuk ke Indonesia, seiring dengan keinginan pemerintah yang ingin mempercepat pengguna kendaraan listrik. Bahkan, dikeluarkan sebuah Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 55 Tahun 2019 dan turunannya yang mengatur kebijakan khusus untuk kendaraan.

Ada berbagai insentif yang didapatkan para produsen dan juga pengguna kendaraan listrik, seperti tax holiday, tax allowance, sampai super tax deduction. Akhirnya, banyak kendaraan listrik yang mulai terlihat di jalan.

Bahkan selama Januari-Juli 2022, penjualan kendaraan listrik mencapai 4.849 unit. Angka tersebut, melebih penjualan tahun lalu. Menurut Sekertaris Umum Gaikindo, Kukuh Kumara.

Penjualan masih didominasi oleh segmen menengah ke atas, sementara konsumen kelas menengah ke bawah dengan daya beli Rp 300 juta ke bawah masih menemui tantangan.

“Kalau kendaraan listrik bisa dibuat dan dijual dengan kisaran Rp 300 juta ke bawah, tentunya akan mendapat banyak minat. Di GIIAS 2022 kemarin saja, dengan kisaran Rp 300 juta, banyak peminat termasuk yang seri di Surabaya,” katanya kepada Holopis.com, dalam sebuah webinar September 2022 lalu.

Kukuh berharap, kendaraan listrik bisa segera diproduksi di dalam negeri jadi harga jualnya bisa lebih kompetitif. Apalagi, bahan mentah untuk teknologi terkait sangat melimpah di Indonesia.

Pameran mobil
Ilustrasi pameran mobil. [Foto : Ist]
Selain itu, infrastruktur juga masih menjadi tantangan industri kendaraan listrik nasional. Sebab, faktor tingginya permintaan jenis kendaraan terkait kini masih jadi pertimbangan konsumen.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Fenomena FOMO dan Permintaan Pinjol di Tengah Gemparnya Konser Coldplay

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Fenomena FOMO dikhawatirkan Kembali terjadi jelang...

Budaya Ngopi Jadi Pilihan Gaya Hidup Kekinian

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Kopi dan Coffee-shop merupakan komoditas budaya...

INDEPTH : Teknologi Layanan Streaming yang Ubah Dunia Industri Global

Teknologi streaming yang telah mengubah dunia ini diharapkan bisa menjadi alat untuk mencapai sesuatu yang lebih positif, seperti menyebarkan kebaikan, informasi yang bisa membantu sesama, ...
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru