HOLOPIS.COM, JAKARTA – Komedian, Arie Kriting ikut memberikan komentarnya terkait dengan adanya polemik hadiah Rp150 juta yang seharusnya diberikan kepada pemenang lari maraton.

“Ada perubahan kategori tapi gak ada info dan piagam yang dikasih masih tertera 150 juta,” kata Arie dalam keterangannya, Rabu (31/8) malam.

Ia juga menyampaikan kekecewaannya terhadap penyelenggaraan Indonesia International Marathon Bali dengan kategori juara 1 pemenang maraton International Man, Jack Ahearn.

“Memang ada saja upaya anak bangsa ini untuk mempermalukan negara sendiri. Salut lah,” sambungnya.

Selain Arie Kriting, standup komedian yakni Ernest Prakasa juga ikut mencibir polemik itu.

“Rasa malu memang barang langka di negeri ini,” tulis Ernest di akun Twitter pribadinya.

Sekedar diketahui, bahwa Indonesia International Marathon adalah program yang dikelola oleh Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) dan diselenggarakan oleh PT Tata Media Prima/TMP (The Media Palace). Agenda olahraga lari cepat itu yang masuk di dalam program Sport Tourism tersebut menggunakan standar World Athletics-AIMS.

Untuk agenda Indonesia International Marathon 2022 diselenggarakan di Sanur, Bali pada 26 Juni 2022.

Jack, pelari asal Australia yang menjadi juara 1 kategori International Man tampak mengangkat piala lomba sekaligus simbolik jumlah hadiah uang total Rp150 juta.

Namun di dalam pengakuannya, ia menyampaikan hanya mendapatkan uang sebesar Rp47.500.000, dengan rincian ; total hadiah Rp50 juta, dikurangi biaya pajak sebesar Rp2.500.000.

Berdasarkan penjelasan dari Sekretaris Jenderal KONI Pusat, Tubagus Lukman Djajadikusuma dan Wakil Ketua Komite Penyelenggara Indonesia International Marathon, Hardjo Supoyo melalui suratnya menyatakan, bahwa memang uang menjadi hak Jack hanya Rp47.500.000.

Lukman Djajadikusuma mengatakan, bahwa ada perubahan kategori untuk pelari asing. Menang ada rencana pemberian uang Rp150 juta, akan tetapi ada pembatalan.

“Jadi, awalnya kami berencana mengundang atlet kategori Elite untuk pelari asing dan pemenang akan dihadiahkan Rp 150 juta (belum dipotong pajak). Namun, karena itu tidak jadi, hanya diadakan kategori foreign untuk atlet asing,” kata Lukman.

Berikut isi surat Indonesia International Marathon kepada Jack Ahearn ;

Jack Ahearn yang terhormat,

Kami berterima kasih atas partisipasi Anda dalam Indonesia International Marathon perdana yang diadakan di Bali pada tanggal 26 Juni 2022.

Selamat telah menjadi pemenang dan kami berharap dapat melihat Anda berpartisipasi dalam Indonesia International Marathon berikutnya yang akan dijadwalkan pada tahun 2023.

Seperti diketahui, Indonesia International Marathon 2022 dikembangkan bersama dengan Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) yang memberikan hadiah uang tunai kepada pemenang.

Setelah musyawarah intensif dengan KONI, mereka telah melaksanakan hak prerogatif mereka dan akan memotong pajak Indonesia yang sesuai dan akan mentransfer uang hadiah bersih ke rekening bank yang Anda pilih.

Detail hadiah pemenang yang akan dicairkan KONI untuk Anda adalah:

Hadiah Kotor: Rp 50.000.000

Potongan pajak: Rp 2.500.000

Hadiah Uang Bersih: Rp 47.500.000

Atas nama Panitia, kami mohon maaf atas keterlambatannya dan terima kasih atas kesabarannya menunggu pencairan hadiah uang.