HOLOPIS.COM, JAKARTA – Aparat kepolisian Jepang telah meringkus pelaku penembakan mantan Perdana Menteri Jepang, Shinzo Abe.

Dilansir media NHK Jumat (8/7), diketahui pelaku penembakan mantan PM Jepang tersebut, merupakan seorang pria berusia 44 tahun bernama Yamagami Tetsuya.

NHK juga turut melaporkan kondisi politisi 67 tahun itu pasca penembakan berlangsung. Dikabarkan, Abe mengalami pendarahan di dekat dadanya dan mengalami henti jantung.

“Menurut Pemadam Kebakaran Kota Nara, mantan Perdana Menteri Shinzo Abe, yang diserang di Kota Nara, tidak sadarkan diri dan tampaknya mengalami henti jantung,” ungkap laporan media NHK.

Sementara itu, kepolisian Jepang menangkap pelaku penembakan langsung di lokasi kejadian, tidak lama setelah peristiwa itu terjadi dan turut mengamankan senjata api yang ia gunakan.

Diketahui, Mantan Perdana Menteri Jepang tersebut dilaporkan ditembak pada saat tengah melakukan pidato di Kota Nara pada Jumat, (8/7) pagi waktu setempat.

Sebagai Informasi, Shinzo Abe diketahui memulai menjabat sebagai Perdana Menteri Jepang pada 2006 hingga 2007. Lalu, pada 2012 ia kembali menduduki jabatan nomor satu di negara itu, hingga mengundurkan diri pada 2020 akibat alasan kesehatan.