JAKARTA, HOLOPIS.COM – Zainudin Amali selaku Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI, dalam keterangannya menyampaikan rasa optimis bahwa Indonesia siap menjadi tuan rumah ASEAN Para Games 2022.

Hal tersebut disampaikan Menpora Amali langsung saat konferensi pers di media center Kemenpora, pasca memimpin Rapat Koordinasi (Rakor) dengan kementerian dan lembaga mengenai persiapan penyelenggaraan ASEAN Para Games 2022 di Auditorium Wisma Kemenpora, Selasa (28/6).

“Kami baru saja melakukan rapat koordinasi persiapan pelaksanaan ASEAN Para Games yang ke-XI tahun 2022 di Indonesia. Khususnya di kota Surakarta dan sekitarnya di Jawa tengah. Tadi saya memimpin langsung sebagai penyelenggara dan penanggung jawab dan dihadiri oleh instansi terkait, kementerian dan lembaga,” ujar Menpora Amali.

“Ada dari TNI dan Polri, NPC kemudian Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, Wali Kota Semarang dan juga Wali Kota Surakarta. Walikota Surakarta sebagai pelaksana di lapangan yang membantu penyelenggaraan ini,” sambungnya.

Lanjut keterangannya, Menpora Amali menyampaikan bahwa sesuai laporan dari Wali Kota Solo yakni Gibran Rakabuming Raka, Indonesia siap menjadi tuan rumah penyelenggaraan ASEAN Para Games 2022.

“Secara keseluruhan apa yang sudah dilaporkan oleh Wali Kota Surakarta atau Wali Kota Solo sebagai pelaksana di lapangan itu sudah membuat kita optimis bahwa kita akan siap menjadi tuan rumah penyelenggara ASEAN Para Games,” lanjutnya.

Sementara, Gibran Rakabuming Raka selaku Wali Kota Solo yang sekaligus Ketua Pelaksana Indonesia ASEAN Para Games 2022 Organizing Committee (INASPOC) mengatakan, hal ini merupakan suatu kehormatan karena untuk kedua kalinya Kota Solo ditunjuk menjadi tuan rumah ASEAN Para Games 2022.

“Tadi sudah saya laporkan ke pak menteri bahwa persiapannya sudah sangat matang, untuk venue, untuk hotel-hotel, para volunteer sudah sangat siap sekali,” ujar Gibran.

“Tentu saja saya tambah semangat karena dari kementerian terkait, dari TNI-POLRI, dari Pemerintah Provinsi semuanya full support agar acara ini berjalan dengan lancar,” sambungnya.

Dalam rakor tersebut, seluruh pihak terkait telah melaporkan persiapannya masing-masing, di mana ada Pemerintah Provinsi Jawa Tengah yang mendukung kegiatan ASEAN Para Games 2022.

Pihak Pemerintah Provinsi Jawa Tengah menyampaikan kesiapannya terkait prestasi atlet, mengingat bahwa Pemusatan Latihan Nasional (Pelatnas) itu sendiri dilakukan di Jawa Tengah.

Ada pun terkait protokol kesehatan hingga keamanan, BNPB dan Kementerian Kesehatan sampai TNI serta Polri siap membantu mensukseskan penyelenggaraan ASEAN Para Games 2022 ini.