Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024

Fadli Zon Sebel Sama Luhut gara-gara Naikkan Harga Tiket Borobudur Rp750 Ribu

JAKARTA, HOLOPIS.COM – Wakil Ketua Umum DPP Partai Gerindra, Fadli Zon kesal sekali dengan Luhut Binsar Panjaitan.

Pasalnya, kekesalan itu diutarakan Fadli gara-gara Luhut memutuskan untuk menaikkan harga tiket masuk Candi Borobudur dari harga Rp50 ribu menjadi Rp750 ribu.

“Yang perlu diurus tak diurus. Yang tak perlu diurus malah diurus, bikin urusan baru,” kata Fadli Zon, Minggu (5/6).

Bahkan ia pun mengumpat dan menyebut Luhut sebagai menko segala urusan.

“Menkosaurus,” celetuknya.

Sebelumnya, Luhut menyatakan bahwa pihaknya mematok tarif Rp750 ribu untuk tiket masuk ke situs sejarah Candi Borobudur. Padahal, tarif normal sebelumnya hanya Rp50 ribu saja.

Harga tiket Rp750 ribu tersebut dipatok Luhut untuk wisatawan domestik, sementara untuk wisatawan mancanegara dipatok USD100. Sementara untuk kuota kunjungan hanya dibatasi 1.200 orang saja setiap harinya.

“Kami juga sepakat dan berencana membatasi kuota turis yang ingin naik ke Candi Borobudur sebanyak 1.200 orang per hari, dengan biaya 100 dollar untuk wisman dan turis domestik sebesar 750 ribu rupiah. Khusus untuk pelajar, kami berikan biaya 5000 rupiah saja,” tulis Luhut dalam akun Instagram pribadinya, Sabtu (4/6).

Luhut mengatakan keputusan tersebut dilakukan semata-mata demi menjaga kelestarian kekayaan sejarah dan budaya Nusantara. Semua turis, lanjutnya, nantinya juga diwajibkan menggunakan tour guide dari warga lokal sekitar kawasan Borobudur.

“Ini kami lakukan demi menyerap lapangan kerja baru sekaligus menumbuhkan sense of belonging terhadap kawasan ini, sehingga rasa tanggung jawab untuk merawat dan melestarikan salah satu situs sejarah nusantara ini bisa terus tumbuh dalam sanubari generasi muda di masa mendatang,” terang Luhut.

https://www.instagram.com/p/CeX3hjoBNJf/?igshid=MDJmNzVkMjY=

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

RESEP : Telur Ceplok Setengah Matang, Nikmat dan Menyehatkan

Meskipun terkesan sederhana, namun telur celpok setengah matang memiliki banyak manfaat baik untuk tubuh. S

Pasca Diresmikan Jokowi, PT JSN Lakukan Pengalihan Transaksi Gerbang Tol Colomadu

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Sehubungan dengan telah diresmikannya Jalan Tol Joga-Solo...

Lokasi Samsat Keliling di Jadetabek Hari Jumat 20 September

Lokasi Samsat Keliling di wilayah Jadetabek (Jakarta, Depok, Tangerang dan Bekasi), disiapkan Polda Metro Jaya di 14 lokasi, pada Jumat 20 September 2024.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru