Manfaat Nasi Jagung Untuk Kesehatan

JAKARTA, HOLOPIS.COM – Nasi jagung umumnya familiar dan mudah ditemui di beberapa daerah di Indonesia seperti Gorontalo, Nusa Tenggara Timur, dan Madura.

Selain diolah menjadi nasi, tanaman jagung yang termasuk dalam kelompok serealia ini juga biasa diolah menjadi tepung maizena, gula jagung, dan minuman. Kandungan gizinya juga banyak, mulai dari karbohidrat, serat, dan karoten.

Nasi jagung dapat memberikan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh karena kandungan gizi baik yang terdapat pada bahan utama makanannya yaitu jagung. Selain rasanya yang enak, nasi jagung juga dikenal kaya akan fitokimia, yang juga memberikan perlindungan bagi tubuh dari penyakit kronis, dilansir dari drhealthbenefits.com.

Nasi jagung juga kaya serat makanan, yang membantu mengatur kadar kolesterol darah dan menjaga sistem pencernaan yang sehat. Karena nutrisinya yang padat, nasi jagung dapat dengan cepat mengisi perut. Karbohidrat kompleks, zat besi, vitamin A dan B, serta kalsium di dalamnya juga semakin menambah kandungan nutrisinya yang kaya.

1. Mengatasi Gangguan Pencernaan

Kandungan serat dalam nasi jagung dapat memenuhi sekitar 18,4% dari total serat yang disarankan per hari. Hal ini membuat nasi jagung sangat bermanfaat untuk membantu mengurangi gangguan pencernaan seperti wasir dan sembelit.

Serat merupakan zat yang berfungsi untuk membantu diare, dengan cara merangsang pompa peristaltik bahkan merangsang produksi asam lambung serta empedu.

2. Mencegah Penyakit Kardiovaskular

Kandungan lemak dan efek anti-aterogenik di dalam manfaat nasi jagung dipercaya mampu menurunkan risiko gangguan kardiovaskular, yaitu dengan menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Ini dapat membantu mengurangi kemungkinan penyumbatan arteri, menurunkan tekanan darah, juga mengurangi risiko serangan jantung dan stroke.

3. Menurunkan Risiko Kanker

Serat yang terkandung dalam nasi jagung dapat menurunkan pembentukan kanker usus besar. Selain itu, nasi jagung juga kaya akan asam fenolat, yaitu senyawa ferulic yang menjadi agen anti kanker.

Senyawa tersebut telah terbukti efektif untuk memerangi tumor pada kanker payudara dan kanker hati. Kandungan antosianin yang terkandung dalam nasi jagung juga dapat memerangi radikal bebas yang juga bisa menjadi penyebab kanker.

4. Sebagai Sumber Energi

Manfaat nasi jagung yang pertama adalah sebagai sumber energi. Nasi jagung merupakan salah satu jenis makanan pokok yang dapat digunakan sebagai alternatif sumber energi di dalam tubuh. Karena bahan utamanya adalah jagung yang merupakan sumber yang kaya akan kalori. Kandungan kalori dalam nasi jagung sekitar 345 per 100 gram.

Indoanime

Rekomendasi :

Baca Ini Juga

Tips Diet Paling Ampuh Turunkan Berat Badan

Masalah berat badan kerap menerpa sebagian banyak orang yang memang tidak mengenal usia hingga gender, cara menyelesaikan masalah itu pun salah satunya dengan diet.

Manfaat Luar Biasa Mandi Pagi, Salah Satunya Bikin Langsing

Mandi pagi bukan hanya kebiasaan yang menyegarkan, tetapi juga membawa banyak manfaat bagi kesehatan fisik dan mental. Di balik air dingin yang membasahi tubuh, terdapat segudang kebaikan yang menanti untuk dirasakan.

Jangan Keseringan Nahan Lapar, Begini Bahayanya

Meskipun beberapa orang mungkin merasa bahwa menahan lapar adalah cara untuk mengontrol berat badan atau mengikuti pola diet tertentu, praktek ini sebenarnya dapat memiliki konsekuensi yang merugikan bagi tubuh.

Mau Berhenti Merokok, Begini Tipsnya

Rokok telah lama dikenal sebagai ancaman besar bagi kesehatan manusia. Meskipun terkadang dianggap sebagai kebiasaan yang sulit diubah, penting bagi kita untuk menyadari dampak serius yang ditimbulkannya.

Manfaat Kacang Mete untuk Kesehatan Tubuh, Salah Satunya Bisa Kontrol Kolestrol

Kacang mete ternyata banyak manfaatnya loh bagi kesehatan tubuh, salah satu dari sekian banyak manfaatnya adalah bisa mengontrol kolestrol. Simak informasi selengkapnya di artikel ini.
Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka 2024-2029
Selamat Hari Raya Idulfitri 1445 H

Berita Terbaru

Terpopuler

Gosip Hari Ini Syahrul Yasin Limpo Berstatus Tersangka

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Saat ini, tim penyidik dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sedang melakukan pengusutan terkait dengan kasus dugaan tindak pidana korupsi yang terjadi...