Sabtu, 21 September 2024
Sabtu, 21 September 2024

INDEPTH : Anak Diktator Menang Jadi Presiden, Kembalinya Keluarga Marcos Berkuasa di Filipina

Komisi Kepresidenan untuk Tata Kelola yang Baik (PCGG), yang dibentuk setelah pemberontakan 1986, telah memulihkan sekitar sepertiga dari $10-15 miliar (sekitar 218 triliun) termasuk perhiasan, lukisan berharga dan koleksi sepatu ibu Bongbong, Imelda Marcos, yang terkenal.

Bongbong telah menyarankan bahwa ia akan memperluas kewenangan PCGG dan bisa memasukkan keluarga lain. Namun mengingat PCGG yang masih sulit menjarah balik harta mereka saat Marcos tidak berkuasa, bayangkan apalagi jika sekarang keluarga Marcos kembali menguasai Filipina.

Ada juga masalah pajak yang belum dibayar di perkebunan Marcos, Bongbong dinyatakan bersalah karena gagal mengajukan pengembalian pajak pada tahun 1995.

Ribuan pasang sepatu koleksi Imelda Marcos
Ribuan pasang sepatu koleksi Imelda Marcos (Foto: Bullit Marquez/AP/Shutterstock)

Kemudian putusan di Amerika Serikat bahwa ia menghina pengadilan karena gagal membayar ganti rugi kepada para korban pelanggaran hak asasi manusia ayahnya, yang akan membuat setiap kunjungan resmi ke AS, sekutu perjanjian Filipina, menjadi rumit.

Mengapa masyarakat Filipina masih mempercayai Bongbong? Bagaimana Bongbong akan menghadapi oposisi terhadap pemerintahan Marcos? Seberapa bebas media untuk terus bisa menyelidiki masa lalu keluarganya?

Para pemilih di Filipina telah lama menunjukkan keberpihakan pada aturan sosok yang kuat.

Bongbong Marcos bisa dikatakan tidak memiliki karisma seperti itu, namun ia kembali mengingatkan setiap orang atas sosok kepemimpinan kuat dari ayahnya. (ACH/BI)

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Fenomena FOMO dan Permintaan Pinjol di Tengah Gemparnya Konser Coldplay

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Fenomena FOMO dikhawatirkan Kembali terjadi jelang...

Budaya Ngopi Jadi Pilihan Gaya Hidup Kekinian

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Kopi dan Coffee-shop merupakan komoditas budaya...

INDEPTH : Teknologi Layanan Streaming yang Ubah Dunia Industri Global

Teknologi streaming yang telah mengubah dunia ini diharapkan bisa menjadi alat untuk mencapai sesuatu yang lebih positif, seperti menyebarkan kebaikan, informasi yang bisa membantu sesama, ...
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru