Sabtu, 21 September 2024
Sabtu, 21 September 2024

INDEPTH : Perang dan Inflasi, Ini Jalan Terjal Pemulihan Ekonomi di Indonesia

Rupiah Melemah 4,1%, Pertanda Krismon Jilid II

Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) melemah cukup tajam sepanjang tahun ini. Ingatan sebagian masyarakat pun kembali ke momentum besar 20 tahun lalu.

Tepat 20 tahun lalu, reformasi bergulir di Indonesia yang ditandai oleh berakhirnya kekuasaan Orde Baru setelah memerintah selama hampir 32 tahun. Krisis politik itu merupakan puncak dari krisis ekonomi yang terjadi kira-kira setahun sebelumnya.

Krisis ekonomi 1997-1998 (yang menyebabkan krisis sosial-politik) ditandai dengan depresiasi nilai tukar rupiah yang cukup dalam. Situasi yang hari-hari ini juga akrab didengar. Oleh karena itu, jangan heran bila ada yang mencemaskan jangan-jangan akan terjadi krismon jilid II.

Sepanjang tahun ini, rupiah telah melemah 4,1% terhadap dolar AS. Memang cukup dalam karena banyak mata uang Asia yang menguat, seperti yuan China (+2%), ringgit Malaysia (1,9%), yen Jepang (+1,7%), sampai baht Thailand (+1,1%).

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Fenomena FOMO dan Permintaan Pinjol di Tengah Gemparnya Konser Coldplay

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Fenomena FOMO dikhawatirkan Kembali terjadi jelang...

Budaya Ngopi Jadi Pilihan Gaya Hidup Kekinian

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Kopi dan Coffee-shop merupakan komoditas budaya...

INDEPTH : Teknologi Layanan Streaming yang Ubah Dunia Industri Global

Teknologi streaming yang telah mengubah dunia ini diharapkan bisa menjadi alat untuk mencapai sesuatu yang lebih positif, seperti menyebarkan kebaikan, informasi yang bisa membantu sesama, ...
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru