Kamis, 19 September 2024
Kamis, 19 September 2024

Mengenal Art Therapy Untuk Tingkatkan Kesehatan Mental

JAKARTA, HOLOPIS.COM – Art therapy atau terapi seni adalah salah satu jenis psikoterapi yang menggunakan seni sebagai media utamanya.

Terapi ini sudah digunakan sejak lama sebagai cara untuk menenangkan dan meningkatkan kesadaran diri bagi seseorang yang memiliki tekanan psikologis atau gangguan mental.

Art therapy terdiri dari berbagai jenis metode, mulai dari terapi tari, terapi drama, terapi musik, terapi menulis, dan terapi kelompok suportif ekspresif.

Teknik yang digunakan dalam art therapy pun beragam, bisa berupa mewarnai, melukis, mencoret-coret abstrak, kolase, fotografi, memahat, atau kerajinan tanah liat.

Pasien yang membutuhkan art therapy biasanya mengalami beberapa keadaan atau kondisi tertentu, seperti:

– Peristiwa traumatis, seperti ditinggal orang tersayang, cyberbullying, atau kekerasan seksual, fisik, atau emosional

– Stres yang tidak terkelola dengan baik atau tekanan psikologis akibat masalah dengan keluarga, rumah tangga, atau pekerjaan

– Anak yang memiliki masalah perilaku atau mengalami masalah dalam belajar

– Kondisi medis tertentu, seperti kanker atau cedera otak

– Gangguan mental, seperti gangguan kecemasan, gangguan makan, PTSD, atau depresi
Kecanduan obat-obatan terlarang.

Manfaat Art Therapy

Para peneliti percaya bahwa emosi, pikiran, dan perilaku saling memiliki keterkaitan satu sama lain. Nah, melakukan sesuatu yang kreatif akan membantu seseorang untuk memahami dirinya sendiri lebih dalam dan mengidentifikasi pikiran serta perasaannya yang mungkin memengaruhi perilakunya.

Terlebih, tidak semua orang bisa dengan leluasa menyampaikan emosinya melalui ucapan. Jadi, terapi seni diharapkan dapat membantu mereka untuk mengerti dan mengkomunikasikan perasaannya dengan baik.

Terapi seni akan membuat seseorang lebih tenang dan rileks. Inilah alasan mengapa perasaan akan jauh lebih baik setelah menjalani terapi seni. Selain itu, beberapa manfaat lain yang bisa diperoleh dari terapi ini adalah:

– Meningkatkan rasa percaya diri

– Meningkatkan harga diri

– Mengembangkan kesadaran diri

– Mengidentifikasi emosi

– Meningkatkan suasana hati dan pikiran yang positif

– Meningkatkan keterampilan sosial

Berbagai penelitian menyatakan bahwa terapi seni akan mengurangi tekanan psikologis, mengurangi gejala trauma, dan menurunkan tingkat depresi.

Bahkan, terapi ini juga dapat mendukung keberhasilan pengobatan penyakit dan berdampak positif pada orang dengan disabilitas.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Manfaat Okra, Superfood Punya Segudang Kebaikan untuk Kesehatan

Okra, atau yang juga dikenal dengan nama ladies' fingers, merupakan sayuran hijau yang banyak digunakan dalam berbagai masakan di seluruh dunia. Meski sering dianggap sebagai sayuran sederhana, okra sebenarnya kaya akan manfaat kesehatan yang luar biasa.

Ingat Buah Ciplukan? Ini Loh Manfaatnya Bagi Kesehatan

Buah ciplukan, yang juga dikenal dengan nama ilmiahnya Physalis angulata, adalah buah kecil yang berasal dari tanaman dalam keluarga Solanaceae.

Jangan Sembarangan! Ini Waktu Ideal Ngopi

Kafein yang merupakan senyawa utama dalam kopi, teh, dan minuman energi, adalah salah satu stimulan yang paling banyak dikonsumsi di dunia. Kafein dikenal karena kemampuannya untuk meningkatkan kewaspadaan dan energi.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru