JAKARTA, HOLOPIS.COM – Istri dari Penyanyi Anang Hermansyah, Ashanty dinyatakan positif COVID-19 setelah kembali dari Turki. Ashanty dikabarkan terpapar Covid-19 varian Omicron.

Kementerian Kesehatan RI membenarkan terkait kondisi Ashanty yang positif COVID-19. Namun, terkait viral dugaan terpapar varian Omicron, belum bisa dipastikan.

“Iya positif COVID-19,” jawab Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung (P2PML) Kemenkes RI dr. Siti Nadia Tarmizi, (7/1).

“Sepertinya masih diperiksa (apakah terkait Omicron),” sambung Nadia.

Seperti diketahui, deteksi COVID-19 varian Omicron dilakukan khusus dengan tes PCR s gene target failure (SGTF). Namun, kepastian varian Omicron tetap harus dilakukan melalui tes lab lebih lanjut, meski kemungkinan besar terindikasi Omicron sudah bisa dilihat dari SGTF.

Omicron memiliki potensi penularan yang lebih cepat dibanding varian Delta. Selain itu, ada potensi bahwa di varian Omicron peningkatan terjadinya reinfeksi lebih tinggi jika dibandingkan dengan varian lainnya.

Meski gejala yang ditemukan didominasi infeksi ringan, bukan berarti fasilitas kesehatan tidak akan terbebani. Pasalnya, jika kasus terus bertambah banyak, ruang isolasi atau perawatan semakin penuh dan berdampak pada fasilitas kesehatan.

Ashanty dan keluarga diketahui pergi berlibur ke Turki beberapa waktu lalu. Ia juga membagikan momen di media sosial saat berlibur di Cappadocia, salah satu tujuan utama turis yang datang ke Turki.