Sabtu, 21 September 2024
Sabtu, 21 September 2024

Indonesia Darurat Paham Kesehatan Jiwa

Dengan kondisi saat ini yang serba digital, Hana juga mengaku sangat tertolong untuk proses penyembuhannya tersebut. Namun, dia sangat miris ketika memikirkan kondisi orang-orang di pedalaman yang harus berjuang dengan cara sendiri ketika teknologi digital belum mereka dapatkan untuk mencari literasi mengenai kesehatan mental.

Cara pasung. Cara yang akhirnya dipake di daerah pedalaman untuk “penyembuhan” menurut orang orang tertentu.

“Data pemasungan itu masih ada praktik di Indonesia. Sementara di UK sudah ditinggalkan berpuluh-puluhan tahun lalu. Bahkan kita masih melanggengkan praktik ini di derah terpencil, karena kurangnya mental health, kenapa tidak dibawa ke psikiater karena mereka belum familiar dengan apa itu psikiater. Maka ini jadi pekerjaan rumah kita bersama,” papar Hana.

Perempuan yang mengaku lahir dari keluarga santri itu kemudian telah memilih jalan hidupnya sendiri untuk menyembuhkan mentalnya dengan cara menyalurkan ke seni.

Namun, dia tidak sekonyong konyong mengajak para penyintas tersebut untuk mencontoh dirinya yang sempat terjerumus dalam dunia hitam dengan dalih mengalami depresi.

Di Indonesia, menurutnya, harus didorong sebuah upaya khusus mengkampanyekan kesehatan mental yang masih sedikit orang melek mengenai hal itu.

“Dengan kondisi pandemi ini kita harus banyak berpikir dan kreatif. Jangan malu tunjukkan identitas. Kalian berhak perlindungan dari stigma dan diskriminasi, kalian berhak bersuara dan kesempatan yang sama selagi kita berusaha dan konsisten,” pesannya.

(BI, STV, DAN)

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Fenomena FOMO dan Permintaan Pinjol di Tengah Gemparnya Konser Coldplay

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Fenomena FOMO dikhawatirkan Kembali terjadi jelang...

Budaya Ngopi Jadi Pilihan Gaya Hidup Kekinian

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Kopi dan Coffee-shop merupakan komoditas budaya...

INDEPTH : Teknologi Layanan Streaming yang Ubah Dunia Industri Global

Teknologi streaming yang telah mengubah dunia ini diharapkan bisa menjadi alat untuk mencapai sesuatu yang lebih positif, seperti menyebarkan kebaikan, informasi yang bisa membantu sesama, ...
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru