Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024

Bansos Tidak Tepat Sasaran, Mensos Salahkan Ada Pemerintah Daerah Yang Tidak Aktif

JAKARTA, HOLOPIS.COMMenteri Sosial Republik Indonesia, Tri Rismaharini menolak apabila pemerintah pusat dianggap lamban dalam pemutakhiran data penerima bansos yang berujung pembagiannya tidak tepat sasaran.

Risma justru mengatakan, bahwa tanggungjawab pemutakhiran sebenarnya ada di tingkat pemerintah daerah. Namun, Risma mengklaim bahwa sampai dengan saat ini pihaknya masih menemui adanya pemerintah daerah yang lamban bergerak dan bahkan tidak aktif untuk melakukan pemutakhiran data warga yang layak menerima bansos.

“Jadi memang Kementerian Sosial tidak melakukan pendataan langsung. Kementerian Sosial tugasnya menetapkan data yang proses pemutakhiran datanya dilakukan oleh daerah. Masalahnya, masih ada pemerintah kabupaten/kota yang kurang atau bahkan tidak aktif melaksanakan pemutakhiran,” kata Risma, Rabu (1/9).

Dalam proses pemutakhiran data, Risma berlindung pada UU No. 13 tahun 2011 tentang Penanganan Fakir Miskin yang isinya memberi kewenangan pemda menentukan siapa saja yang layak masuk dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) dan siapa yang tidak.

“Pemutakhiran DTKS itu kewenangan daerah sesuai ketentuan dalam UU No. 13/2011. Prosesnya dimulai dari musyawarah desa atau musyawarah kelurahan. Lalu secara berjenjang naik ke atas. Jadi, pemda dan jajarannya sampai tingkat desa/kelurahan memiliki kewenangan penuh menentukan siapa yang layak menerima bantuan dan siapa yang tidak,” paparnya.

Mantan Walikota Surabaya itu kemudian berikan peringatan kepada Kepala Daerah untuk bisa bersikap lebih aktif dalam perbaruan data yang cenderung dinamis.

“Data kemiskinan itu kan dinamis. Ada yang pindah, meninggal dunia, ada yang mungkin sudah meningkat ekonominya sehingga tidak layak lagi menerima. Ada juga penerima dari kalangan dekat dengan kepala desa. Nah, kasus di Bolmo ini malah kepala desanya sendiri. Maka memang harus dikawal terus,” terangnya.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

KAI dan Korlantas Polri Gencar Sosialisasikan Keselamatan Kepada Masyarakat

HOLOPIS.COM, JAKARTA - PT Kereta Api Indonesia (Persero) bekerja...

Jokowi Resmikan Jalan Tol Jogja Solo Segmen Kartasura-Klaten

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo...

Dompet Dhuafa dan Titimangsa Gelar Teater Musikal untuk Palestina Bertajuk Tanah Yang Terpenjara

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Gencar menyuarakan kemanusiaan bagi Palestina, Dompet...
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru