Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024

Saat Pandemi, Kejahatan Siber Justru Meningkat

Bhakti Eko Nugroho
dosen Departemen Kriminologi, Fakultas Ilmu Sosisal dan Ilmu Politik, Universitas Indonesia (FISIP UI), Bhakti Eko Nugroho, M.A.

Berdasarkan data dari kepolisian, mulai April 2020 hingga Juli 2021, setidaknya ada 937 kasus kejahatan siber yang dilaporkan. Paling banyak adalah kasus, provocative, hate content, dan hate speech sebanyak 473 kasus. Lalu penipuan daring sebanyak 259 kasus, dan konten porno sebanyak 82 kasus.

Menurut Bhakti faktor terjadinya kasus provocative, hate content, dan hate speech, karena residu politik yang muncul akibat pemilihan daerah maupun pemilu nasional sehingga mengakibatkan polarisasi masyarakat.

“Hal tersebut terbawa hingga saat ini di mana saat pandemi terjadi seharusnya masyarakat Indonesia bersatu untuk melawan wabah ini tetapi malah saling bertengkar dan menyalahkan satu sama lain,” ujarnya.

Tidak hanya itu, ada kejahatan lainnya yang muncul saat pamdemi. Para pelaku, justru memanfaatkan pandemi untuk mengambil keuntungan dari ketidakberdayaan, dan keterbatasan masyarakat selama pandemi Covid-19.

Seperti menaikan harga barang yang dibutuhkan masyarakat diatas harga normal, lalu penimbunan barang yang membuat kelangkaan barang dipasar, penyebaran informasi hoaks soal pandemi Covid-19.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Tawuran di Bekasi Tewaskan Seorang Remaja

HOLOPIS.COM, BEKASI - Seorang remaja berinisial  WS tewas terkena...

KPK Dalami Penempatan Dana Taspen ke Sejumlah Sekuritas

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengungkap penempatan...

Rugi Puluhan Juta Rupiah, Pengusaha Karawang Lapor Proyek Fiktif ke Polres

Ferry Dharmawan, seorang pengusaha asal Karawang, melaporkan dugaan penipuan dan penggelapan yang dilakukan oleh pria berinisial EA ke Polres Karawang. Dugaan tersebut terkait proyek fiktif yang menyebabkan kerugian materiil bagi Ferry, setelah ia menyerahkan uang puluhan juta rupiah.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru