Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024

Jualan Vaksin, Kimia Farma Nyari Duit Gitu Amat

JAKARTA, HOLOPIS.COM – Anggota Komisi IX DPR RI, Anas Thahir kesal dengan PT Kimia Farma yang mulai menjual vaksin Covid-19.

Apalagi menurutnya, vaksin berbayar untuk layanan mandiri belum pernah dibahas bersama dengan DPR RI.

“Vaksin berbayar yang dijual bebas melalui Kimia Farma mulai 12 Juli 2021 kepada individu atau kepada setiap orang belum pernah dibahas dan disampaikan pemerintah bersama DPR,” kata Anas dalam keterangannya kepada wartawan, Minggu (11/7).

Dengan rencana vaksinasi berbiaya mandiri tersebut, Anas mengkhawatirkan akan memicu polemik tersendiri di kalangan masyarakat.

“Vaksin berbayar individual ini akan bikin kacau dan bisa membuka ruang bagi kelompok tertentu untuk bermain-main di atas penderitaan rakyat yang sedang megap-megap melawan serangan Covid,” ujarnya.

Ia meminta wacana untuk vaksinasi berbayar ini ditinjau ulang dan jangan asal diberlakukan.

Politisi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) itu mensinyalir bahwa vaksinasi mandiri berbayar itu bisa menjadi ladang bisnis para penjual vaksin di tengah situasi pandemi.

“Surat Keputusan Menteri Kesehatan Nomor HK.01.07/MENKES/4643/202 tentang penetapan harga pembelian Vaksin hanyalah akal-akalan untuk melegalisasi jual beli vaksin dengan berlindung di balik kebijakan vaksin gotong royong, karenanya pelaksanaan vaksin berbayar harus ditinjau ulang,” tegasnya.

Sejauh yang ia tahu, vaksin gotong royong bukan jual beli vaksin. Melainkan gotong-royong para pengusaha untuk menghadirkan vaksin dan diberikan kepada masyarakat dan para karyawan mereka secara gratis.

“Yang dimaksud vaksin gorong royong karena vaksin tersebut dibeli oleh para pengusaha kemudian digratiskan untuk seluruh karyawannya,” tandasnya.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Waspada! Mpox di Afrika Sudah Tak Terkendali

HOLOPIS.COM - Angka kasus cacar monyet (monkey pox/Mpox) di...

Monkey Pox Ditularkan oleh Homo Seksual

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin membenarkan...

Menkes Bongkar Bobroknya Sistem Kesehatan di Indonesia

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Budi Gunadi...
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru