Sabtu, 21 September 2024
Sabtu, 21 September 2024

Penerapan PPKM Darurat Bentuk Kehati-hatian Pemerintah Tangani COVID-19

JAKARTA, HOLOPIS.COM – Epidemiolog Universitas Indonesia Tri Yunis Miko W, mengatakan bahwa wabah COVID-19 bukanlah wabah sembarangan. Maka dari itu menurutnya perlu kehati-hatian dalam menangani wabah tersebut.

“Menurut saya wabah COVID-19 bukan wabah sembarangan, sehingga pemerintah kita benar-benar mengkaji untuk penanganannya,” ucap Miko dalam program Ruang Tamu Holopis.com, Jumat (02/07).

Dikatakan Miko, Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat di Pulau Jawa dan Bali merupakan bentuk kehati-hatian pemerintah dalam penanganan COVID-19. Namun ia menilai, kehati-hatian pemerintah justru dapat dikategorikan terlambat.

“Padahal keputusan menangani wabah harus cepat dan tepat. Kalau saya kaji PPKM Darurat baru mengatasi kebakaran (wabah) di Jawa dan Bali, belum mengatasi di luar Jawa dan Bali,” tuturnya.

Menurut Miko, waktu penerapan PPKM Darurat juga harus diperhitungkan oleh pemerintah. Pasalnya, dalam penerapan PPKM Darurat tersebut harus mampu mengatasi padatnya pelayanan kesehatan di rumah sakit yang melayani pasien COVID-19.

“Sekarang yang butuh pelayanan kesehatan masih banyak. Di RT dan RW saya masih banyak yang butuh, belum lagi di RW-RW yang lain,” tandasnya.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Jagal di Gunungkidul Diminta Tak Sembelih Hewan Ruminansia dan Cegah Penyakit Ternak Zoonasis

Kepolisian Daerah (Polda) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) bersama Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (DPKH) dan Dinas Kesehatan (Dinkes) Gunungkidul melakukan sosialisasi dan edukasi larangan penyembelihan hewan ruminansia dan bahaya penyakit binatang ternak zoonosis.

Waspada! Mpox di Afrika Sudah Tak Terkendali

HOLOPIS.COM - Angka kasus cacar monyet (monkey pox/Mpox) di...

Monkey Pox Ditularkan oleh Homo Seksual

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin membenarkan...
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru