Kemenkeu Klaim Anggaran Untuk Bansos Di PPKM Darurat Masih Memadai

JAKARTA, HOLOPIS. COM- Pemerintah pusat klaim bahwa kondisi anggaran untuk pembiayaan bantuan sosial di masa PPKM Darurat masih dianggap memadai.

Menteri Keuangan Sri Mulyani dalam rapat koordinasi, Kamis (1/7) kemarin justru meminta agar Menteri Sosial agar dapat segera bersurat terkait usulan untuk anggaran perpanjangan alokasi BST bulan Mei-Juni 2021.

“Saya minta ini untuk segera dikirim agar di bulan Juli ini bisa segera disalurkan sekaligus dua bulan alokasi BST. Ini tentu akan sangat membantu. Kalau untuk penyaluran kepada mereka yang datanya mirip (mendekati 70%) dan data kurang lengkap, Mensos bisa menyurati Himbara untuk memberikan otorisasi,” kata Sri Mulyani.

Perbedaan data yang dimaksud Sri Mulyani adalah terkait adanya persoalan perbedaan data penduduk.

Menteri Sosial Tri Rismaharini mengungkap bahwa pasca perbaikan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) yang baru, realisasi penyaluran bansos Penerima Keluarga Harapan (PKH), Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), berjumlah 32.953.559 keluarga/jiwa.

Akan tetapi, saat ini terdapat 3.614.355 KPM data di Himbara yang belum bisa disalurkan, antara lain: gagal burekol karena data anomali dan tidak lengkap. Data anomali itu merupakan data yang telah padan Dukcapil namun tidak bisa dilakukan pembukaan rekening di bank karena beberapa hal, seperti nama yang tidak sesuai format dan sebagainya.

“Permasalahan seperti inilah yang perlu segera kita perbaiki sehingga penyaluran bansos bisa dilakukan dan betul-betul mencapai target,” ucap Mensos.

Menanggapi hal tersebut, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian menyatakan saat ini sedang dilakukan sinkronisasi terhadap 163 ribu data tersebut. “Paling lambat besok siang akan kami umumkan hasilnya. Cocok atau tidaknya, kalau cocok akan kami rekomendasikan untuk mempercepat realisasi penyaluran bansos,” tandasnya. (SEL)

Indoanime

Rekomendasi :

Baca Ini Juga

Cuaca Jakarta Bakal Cerah Hari Ini, Tapi Malamnya Turun Hujan

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memberikan informasi terkini perihal prakiraan cuaca Jakarta pada hari ini, Minggu 19 Mei 2024.

Jasa Marga Bantah Cerita Andi Soal Mutu Beton Tol MBZ di Bawah SNI

PT Jasa Marga Jalan layang Cikampek (JCC) selaku pengelola Tol MBZ, bantah soal mutu beton tol MBZ di bawah SNI.

Wartawan Senior Prof. Salim Said Meninggal Dunia

HOLOPIS.COM , JAKARTA - Wartawan senior Profesor Salim Said, dikabarkan meninggal dunia pada Sabtu (18/5) malam di RSCM.

Jangan Jadi Kebiasaan, Ini 7 Bahaya Terlalu Sering Konsumsi Parasetamol

Parasetamol adalah salah satu obat yang paling umum digunakan di seluruh dunia untuk mengurangi rasa sakit dan demam. Obat ini juga sangat mudah ditemukan dan bisa dibeli dengan bebas.

Sri Mulyani Klaim Permendag Baru Bakal Permudah Persyaratan Impor

Menteri Keuangan (Menkeu), Sri Mulyani Indrawati menyampaikan, bahwa pihaknya menyambut baik diterbitkannya Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) Nomor 8 Tahun 2024 tentang Kebijakan dan Pengaturan Impor.
Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka 2024-2029
Selamat Hari Raya Idulfitri 1445 H

Berita Terbaru

Terpopuler

BMKG Ramal Cuaca Jabar Berpotensi Hujan Hari Ini, Cek Sebarannya

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) telah merilis informasi terkini perihal prakiraan cuaca Jabar (Jawa Barat) yang terjadi pada hari ini, Sabtu 18 Mei 2024.