Kamis, 19 September 2024
Kamis, 19 September 2024

Paskhas TNI AU Disiapkan Untuk Misi Khusus dan Besar

JAKARTA, HOLOPIS.COM – Kemampuan militer Indonesia tidak bisa dipandang sebelah mata, apalgi dilihat dari prestasinya dibidang kemiliteran. Terutama dalam lomba – lomba internasional serta latihan-latihan gabungan yang diselenggarakan.

Secara khusus dalam kemiliteran, memiliki satu tim elite yang memiliki kemampuan lebih dari setiap prajuritnya. Seperti, Marinir, Kopassus, dan juga Paskhas (Pasukan Khas) Angkatan Udara.

Kali ini, Holopis akan membahas Pasukan elite dari TNI Angkatan Udara (AU) yakni Pasukan Khas (Paskhas). Paskhas atau yang juga familiar dengan sebutan Baret Jingga, dikenal sebagai satuan tempur darat berkemampuan tiga matra, yaitu udara, laut, dan darat.

Dimana setiap Prajurit Paskhas AU, akan digembleng untuk tidak hanya jago di udara, tapi juga darat dan laut. Setiap prajurit Paskhas diharuskan minimal memiliki kualifikasi para-komando (Parako) untuk dapat melaksanakan tugas secara profesional, kemudian ditambahkan kemampuan khusus kematraudaraan sesuai dengan spesialisasinya.

Paskhas
Pasukan Khas (Paskhas) TNI Angkatan Udara. (ist)

Paskhas juga mempunyai ciri khas tugas tambahan yang tidak dimiliki oleh pasukan lain yaitu Operasi Pembentukan dan Pengoperasian Pangkalan Udara Depan (OP3UD) yaitu merebut dan mempertahankan pangkalan dan untuk selanjutnya menyiapkan pendaratan pesawat dan penerjunan pasukan kawan.

Ketangguhanya disorot dunia Paskhas merupakan pasukan yang dipersiapkan untuk menjalankan misi khusus dan besar, berkaitan dengan keutuhan kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Seperti saat mengompori Timor-Timur untuk lepas dari NKRI pada 1999, Australia mengakui kehebatan Paskhas. Mereka menilai hanya pasukan SAS (Special Air Service) Inggris yang punya kemampuan mengoperasikan bandara. Namun nyatanya, tentara Indonesia juga memiliki kemampuan khusus tersebut.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Bali International Air Show 2024 Sukses Pamerkan Kemajuan Penerbangan dan Kedirgantaraan RI

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Pameran Kedirgantaraan Bali International Airshow (BIAS)...

Prabowo Subianto Ingatkan Komitmen Komcad Bela Negara

Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto memberikan pesan penting kepada 1.145 personel yang baru ditetapkan sebagai Komcad Matra Darat TA. 2024.

Jenderal Maruli Komitmen Tingkatkan Perlindungan Terhadap Wanita dan Anak

KSAD (Kepala Staf Angkatan Darat) Jenderal Maruli Simanjuntak menyambut positif arahan Presiden Jokowi terkait TNI Polri terdepan dalam memberikan perlindungan terhadap perempuan dan anak.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru