JAKARTA, HOLOPIS.COM – Setelah singa di India terdeteksi positif Covid-19, kini sebanyak 28 ekor gajah di sebuah cagar alam di India selatan telah diuji untuk Covid-19. Hal tersebut disampaikan pejabat berwenang pada Rabu (9/6), bahkan pemeriksaan terhadap gajah yang diduga terpapar Covid-19 ini dilakukan setelah terjadi kematian singa Asia akibat virus Covid-19.
Seekor singa betina, mati pada awal juni 2021. Singa berusia 9 tahun itu berasal dari sebuah kebun binatang di Chennai, negara bagian Tamil Nadu, India. Kematian singa tersebut diyakini sebagai kematian hewan pertama di India yang terpapar Covid-19.
Singa yang mati dilaporkan surat kabar New Indian Express, merupakan 9 singa yang dites positif Covid-19, bahkan dua singa lainnya masih dalam kondisi kritis.
“Setelah singa di Kebun Binatang Vandalur dinyatakan positif Covid-19, kami diminta untuk menguji gajah kamp sebagai tindakan pencegaha,” ujar seorang penjaga hutan di Cagar Harimau Mudumalai di selatan Tamil Nadu seperti dikutip dari CNA, Kamis (10/6).
Sedangkan pada 8 Juni 2021, 28 Gajah yang diambil sampel dari hidung dan dubur, termasuk 2 anak gajah. Sampel dikirim ke Institut Penelitian Hewan India di negara bagian utara Uttar Pradesh.
Hasil dari pengujian diharapkan akan keluar dalam waktu satu minggu. Namun gajah-gajah yang dites Covid-19 tidak menunjukan gejala.
“Hewan-hewan itu (gajah yang diuji) tidak menunjukkan gejala, itu hanya sebagai tindakan pencegahan,” ujar penjaga hutan.
Selain singa, sebelumnya juga dilaporkan sekitar 21 harimau di sebuah kebun binatang di negara bagian Jharkhand menjalani tes Covid-19 pada pekan lalu.
Hal tersebut dilakukan setelah seekor harimau berusia 10 tahun mati, namun hasil tes antigen harimau tersebut negatif, namun hingga saat ini masih menunggu hasil tes RT-PCR. (zik)