JAKARTA, HOLOPIS.COM – DKI Jakarta akan segera memulai vaksinasi untuk masyarakat umum usia 18 tahun ke atas, Kementerian Kesehatan menyatakan vaksinasi tersebut akan menggunakan vaksin Covid-19 asal perusahaan farmasi Inggris, AstraZeneca.
“Vaksinasi masyarakat umum 18 tahun baru di Jakarta, sementara pakai vaksin AstraZeneca,” kata Juru Bicara Vaksinasi dari Kemenkes Siti Nadia Tarmizi, Rabu (9/6).
Hal tersebut dilakukan sebagai upaya percepatan vaksinasi, dan memperluas sasaran. Selain itu, DKI dipilih sebagai pilot project dilatarbelakangi faktor penularan virus Covid-19 DKI Jakarta yang tinggi.
Selain itu, Kemenkes juga mempertimbangkan bahwa Jakarta merupakan ibu kota negara, pusat pemerintahan dan pertumbuhan ekonomi nasional, sehingga penting untuk segera menekan dan mengendalikan kasus Covid-19 di DKI Jakarta.
Program vaksinasi unutk masyarakat umum tersebut akan segera dimulai dalam waktu dekat. Sebanyak 141,2 juta masyarakat rentan dan masyarakat umum sesuai dengan pendekatan klaster akan menjadi sasaran vaksinasi pada tahapan ketiga ini.
“Mungkin minggu keempat Juni, tapi yang pasti awal Juli ya vaksinasi masyarakat umum,” kata dia.
Program vaksinasi yang ditujukan untuk masyarakat usia 18 tahun ke atas akan dilakukan di DKI Jakarta, tertuang dalam edaran surat bernomor SR.02.04/II/1496/2021 yang ditandatangani Pelaksana tugas (Plt) Kepala Badan PPSDM Kesehatan Kemenkes Maxi Rein Rondonuwu.
DKI rencananya akan memprioritaskan pemberian vaksin kepada tenaga kesehatan, kelompok lanjut usia, petugas pelayanan publik dan kelompok masyarakat rentan yang berada di masyarakat di daerah kumuh, serta orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) yang belum mendapatkan vaksinasi.