Senin, 24 Juni 2024
BerandaNewsRagamHabib Syakur Sayangkan Pemkot soal Malang Halal City

Habib Syakur Sayangkan Pemkot soal Malang Halal City

MALANG, HOLOPIS.COM Inisiator Gerakan Nurani Kebangsaan (GNK) Habib Syakur Ali Mahdi Alhamid menyayangkan sikap Wali Kota Malang Setiaji yang akan membangun konsep Malang Halal City. Apalagi konsep Malang Halang City ini disampaikan sang Wali Kota di acara pelantikan pengurus KAHMI Kota Malang akhir bulan Januari 2022.

“Walikota MoU dengan KAHMI, saya duga ini mau menarik ke perda syariat Islam,” kata Habib Syakur kepada Holopis, (18/2).

Ia pun menganggap wajar banyak masyarakat Kota Malang yang protes, karena selama ini Malang adalah salah satu kota yang sangat toleran, sehingga aneh jika Wali Kota Malang justru membuat konsep Malang Halal City.

Secara tegas, Habib Syakur sama sekali tidak mempermasalahkan label Halal, akan tetapi ruang lingkup kebijakannya harus tepat sasaran. Apalagi Malang juga merupakan Kota yang sangat plurar, sehingga sebuah regulasi harus bisa mengakomodir semua kelompok.

Penerbit Iklan Google Adsense

“Kalau wisata halal sih nggak masalah, tapi kalau Malang Halal City ini masalah besar,” ujarnya.

Oleh karena itu, ia mengatakan bahwa dirinya bersama dengan tokoh lintas agama di Kota Malang yang tergabung di dalam Forum Komunikasi Rakyat Malang (FOKAMORA) melayangkan somasi kepada Wali Kota dan Ketua DPRD Kota Malang. Setidaknya, mereka ingin mendapatkan penjelasan yang utuh dan kuat atas konsep yang dianggapnya tidak tepat diterapkan di Kota Malang.

“Walikota nggak mau dialog. Disomasi kami nggak direspon, tapi semoga karena belum sampai ke tangan beliau saja. Tapi kami sudah layangkan juga kepada Ketua DPRD,” jelasnya.

Ia khawatir dengan konsep Malang Halal City yang radius kebijakannya seluruh Kota Malang justru akan menghambat Kota Malang sendiri, apalagi kata Habib Syakur, Malang akan menjadi lokasi visit year di tahun 2023.

Untuk itu, Habib Syakur mendesak kepada Menteri Dalam Negeri Muhammad Tito Karnavian untuk memanggil Wali Kota Malang Sutiaji dalam konteks pemaksaan kehendak terkait Malang Halal City.

“Malang 2023 itu kan visit year. Kasihan orang asing yang berkunjung ke Malang nggak bisa leluasa. Saya minta walikota diperiksa Mendagri, karena dasar arogansi,” tuturnya.

Temukan kami juga di Google News
Presiden dan Wakil Presiden Terpilih 2024 - 2029
Sudaryono
BERITA LAINNYA

Lipstik Bisa Bikin Bibir Menghitam, Benar Tidak ya?

Seiring dengan popularitas lipstik sebagai salah satu produk kecantikan yang paling umum digunakan, muncul pula berbagai mitos seputar pengaruhnya terhadap kesehatan dan penampilan bibir.

Manfaat Masker Lemon, Bisa Bikin Awet Muda Serasa Masih Remaja

Masker lemon adalah salah satu perawatan alami yang populer untuk merawat kulit wajah. Kandungan vitamin C dan sifat antioksidannya menjadikan lemon bahan yang efektif untuk menjaga kulit tetap sehat dan bercahaya.

Peringatan Hari Bung Karno, DPC PDIP Kota Bekasi Gelar Jalan Sehat

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Memperingati haul Bung Karno dan Taufik Kiemas, DPC PDI Perjuangan Kota Bekasi menghelat jalan sehat dan doa bersama yang dikuti ratusan...

Banjir di Parigi Moutong, Tiga Orang Jadi Korban Jiwa

Bencana banjir untuk kesekian kalinya kembali melanda Kabupaten Parigi Moutong, Sulawesi Tengah setelah beberapa waktu lalu juga sempat terjadi.

Tips Aman Pakai Retinol, Agar Kulit Awet Muda Tetap Aman

Sudah menjadi ilmu umum bagi pencinta skin care, bahwa retinol adalah salah satu kandungan dalam serum yang bermanfaat untuk membuat kulit awet muda.

Ternyata Kulit Durian Banyak Manfaatnya, Gak Percaya?

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Kulit durian kerap disepelekan oleh sebagian besar para pecinta buah durian. Ternyata, kulit durian memiliki banyak manfaat, salah satunya bisa dijadikan...

HOLOPIS FEEDS