HOLOPIS.COM, BALI – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno meyakini pelaksanaan event Oceanman Bali 2022 dapat membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat.

“Setiap acara atau event itu melibatkan UMKM dan event ini selalu bisa menggeliatkan ekonomi. Dan sports tourism itu tidak hanya dapat (menggeliatkan) olahraga dan kegiatannya tapi juga (pemasaran) produk-produk UMKM lokal,” ucap Sandiaga (2/6/22).

Dijelaskan bahwa Oceanman merupakan kompetisi renang perairan terbuka yang digelar di Pantai Muaya, Jimbaran kemarin selama dua hari. Kompetisi ini diikuti oleh 481 peserta, yang terdiri dari 386 peserta lokal dan 75 peserta asing dari 14 negara seperti Singapura, Thailand, Malaysia, Spanyol, Rusia, Ukraina, Belarusia dan Vietnam.

Sandiaga Uno
Menparekraf Sandiaga Salahudin Uno Saat Mengikuti Lomba Oceanman Bali 2022

Oceanman mempertandingkan empat kategori yaitu Oceankid dengan jarak 1 kilometer, Sprint Oceanman 2 kilometer, Half Oceanman 5 kilometer, dan Oceanman dengan jarak 10 kilometer. Rute ajang ini membentuk sebuah segitiga dengan jarak sisi terpendek 333,3 m, sisi menengah 666,6 m, dan sisi terluas untuk kategori Oceanman masing-masing sisi berjarak 1,66 km.

Sandiaga menjelaskan, 481peserta yang berpartisipasi dalam kegiatan tersebut diyakini memberikan dampak yang besar bagi kebangkitan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif kembali Karena, banyak peserta yang mengajak keluarganya untuk berwisata dan bertamasya di Bali.

Sehingga, Kemenparekraf pun mendorong peningkatan pelaksanaan event-event berbasis sports tourism di Indonesia. “Menurut saya kita harus dorong karena setiap event baik yang berskala daerah sampai yang berskala internasional ini luar biasa dampaknya,” tutupnya.