JAKARTA, HOLOPIS.COM – Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI yakni Zainudin Amali menyampaikan kepada seluruh pihak terkait hingga masyarakat, untuk tetap memperhatikan protokol kesehatan (prokes) saat penyelenggaraan ASEAN Para Games 2022 berlangsung nanti.

Hal itu ditekankan Menpora Amali sesuai laporan yang diterima dari BNPB atau Satgas Covid-19 dalam rakor bersama kementerian dan lembaga terkait persiapan penyelenggaraan ASEAN Para Games 2022 di Auditorium Wisma Kemenpora, Selasa (28/6).

Dalam konpersnya, Menpora Amali juga mengatakan, BNPB atau Satuan Tugas Covid-19 sangat meminta agar protokol kesehatan menjadi perhatian karena diperkirakan pada saat pelaksanaan kegiatan tersebut menjadi puncak pandemi Covid-19.

“Saat ini sudah masuk Omicron varian baru yakni B4 dan B5, dan ini lebih dari Omicron, ini yang diserang paru-paru,” ujar Menpora Amali.

“Kuncinya menjaga kedisiplinan, mohon tetap kita kembali ke seperti saat (Covid-19) varian Delta yang dulu, masker jangan sampai dilepas. Jadi sekarang sudah mulai naik dan perkiraannya pada saat itu kita sedang puncak-puncaknya (pandemi),” sambungnya.

Terkait penyelenggaraan ASEAN Para Games 2022 ini juga, dari sisi keamanan sendiri Menpora Amali menambahkan bahwa Indonesia selaku tuan rumah harus memberikan kenyamanan dan keamanan bagi seluruh peserta yang hadir.

“Kita tidak membeda-bedakan dan itu teman-teman sudah dengarkan komitmen dari TNI-Polri akan menjaga kelangsungan acara, karena kita sudah dipercaya menjadi tuan rumah. Kita akan tunjukkan bahwa kita menjadi tuan rumah yang baik, kita akan melayani semua negara yang menjadi peserta tanpa diskriminasi,” tambahnya.