Sabtu, 21 September 2024
Sabtu, 21 September 2024

Polri Libatkan Densus Untuk Monitoring Peredaran Khilafatul Muslimin

JAKARTA, HOLOPIS.COM Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror Polri akan dilibatkan dalam penanganan peredaran paham khilafatul muslimin yang diduga tersebar di hampir sebagian wilayah Indonesia.

Karo Penmas Divisi Humas Mabes Polri Brigjen Pol Ahmad Ramadhan mengatakan, posisi Densus tersebut nantinya di kapasitas monitoring.

“Terkait asistensi dan monitoring juga dilakukan oleh Densus 88 untuk melakukan pendampingan polda-polda,” kata Ahmad, Rabu (15/6).

Polri sendiri sampai dengan saat ini telah melakukan penangkap terhadap 23 anggota organisasi Khilafatul Muslimin sebagai tersangka. Mereka diamankan dari sejumlah daerah seperti Lampung, Medan, dan Bekasi.

Menurut Ramadhan, 23 tersangka itu diproses oleh beberapa Polda jajaran. Pertama, Polda Jawa Tengah (Jateng) sebanyak enam orang masing-masing berinisial G, D, A, M, S, dan I.

Kemudian, Polda Lampung lima tersangka, yaitu AA, L, A, AS, dan I. Selanjutnya, Polda Jawa Barat dengan lima tersangka di antaranya AE, S, AS, HM, dan EU.

“Lalu, Polda Jawa Timur dengan satu tersangka yakni A. Polda Metro Jaya menetapkan enam orang tersangka yakni AQB, AA, IN, SW, F, dan AS,” ucapnya.

Ramadhan menjelaskan, pengusutan kasus ini lantaran organisasi Khilafatul Muslimin tersebut diduga kuat hendak menyebarkan berita bohong hingga makar serta mengajarkan paham-paham yang bertentangan dengan nilai Pancasila.

“Seperti kasus yang ditangani di Polda Jawa Tengah, kelompok ini melakukan kegiatan konvoi kendaraan roda dua dan melakukan penyebaran pamflet atau selebaran berupa maklumat serta nasihat dan imbauan,” tukasnya.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Masyarakat Sumbar Penuhi Karangan Bunga Ucapan di Polres Pariaman

HOLOPIS.COM, PADANG - Masyarakat Sumbar ramai-ramai memberikan karangan bunga...

Susi Pudjiastuti Bersyukur Pilot Philip Mehrtens Bebas dari Jerat Teroris Papua

Susi Pudjiastuti merespon kabar bebasnya Kapten Pilot Susi Air, Philip Mark Mehrtens dari jeratan teroris Papua atau OPM kelompok Egianus Kogoya di wilayah Nduga, Papua.

Susi Bersyukur Philips Berhasil Bebas, Ucap Terima Kasih ke Jokowi-Prabowo dan TNI Polri

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Bos Susi Air, Susi Pudjiastuti menyampaikan...
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru