Sabtu, 21 September 2024
Sabtu, 21 September 2024

PPHI Siapkan 5 Wilayah untuk Hotel Para Jamaah Haji Selama di Makkah

JAKARTA, HOLOPIS.COM – Fase kedatangan jamaah haji di Makkah Al-Mukarramah sudah berlangsung dua hari. Setidaknya sampai dengan saat ini, sudah ada 3.154 jamaah yang telah diberangkatkan dari Madinah dan kini sudah tiba di kota kelahiran Nabi Muhammad SAW.

“Jamaah yang telah diberangkatkan dari Madinah dan tiba ke Makkah sampai saat ini sebanyak 8 kloter dengan jumlah 3.154,” terang Jubir Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi Akhmad Fauzin saat memberikan keterangan pers di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta Timur, Selasa (14/6).

Seluruh jamaah yang diberangkatkan pada gelombang pertama ini akan berada di Makkah sampai dengan puncak haji (Arafah – Muzdalifah – Mina) sebelum nantinya mereka kembali ke Tanah Air.

Akhmad Fauzin menjelaskan, bahwa PPIH telah menyiapkan layanan akomodasi jamaah haji Indonesia selama di Makkah. Menurutnya, hotel jamaah di Makkah terbagi dalam lima wilayah, yaitu; Misfalah (jarak dari Masjidil Haram sekitar 2 km), Mahbas Jin (sekitar 2 km), Jarwal (sekitar 850 m), Raudhah (sekitar 3,5 km), dan Syisyah (sekitar 4 km).

“Setiap akomodasi tersedia fasilitas kamar tidur dengan kamar mandi di dalam, ruang makan, musala, mesin cuci dan tempat menjemur pakaian,” paparnya.

Selain itu, Kepala Biro Humas, Data, dan Informasi Setjen Kemenag tersebut pun mengatakan bahwa petugas kebersihan dan keamanan bagi jamaah haji Indonesia juga sudah disiagakan.

“Disiapkan juga petugas kebersihan dan petugas keamanan akomodasi. Jamaah haji juga akan mendapatkan air zam zam dan air mineral 1 liter per orang setiap harinya,” sambungnya.

Fauzin menegaskan, bahwa kualitas layanan akomodasi jamaah haji Indonesia setara dengan hotel bintang 3. Karenanya, dia mengimbau kepada para jamaah agar dapat menjaga kebersihan kamar dan ruangan lainnya, membuang sampah pada tempatnya, tidak memasak di dalam kamar, tidak merokok di kamar tidur, dan tidak membuat jemuran di dalam kamar.

“Simpan barang berharga di tempat yang disediakan. Jangan segan bertanya dan berkonsultasi dengan petugas kloter dan sektor jika mendapatkan kesulitan. Ayo patuhi tata tertib yang ada di setiap akomodasi atau hotel,” tegasnya.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Gus Yaqut Diterima Menhaj Tawfiq, Bahas Persiapan Haji 2025

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas bertemu...

Kemenag Tegaskan Tidak Ada Jual Beli Kuota Haji

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Isu jual beli kuota haji menjadi...

DPR Puji Haji Tahun 2024, Alhamdulillah Banyak Dapat Pujian Positif

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Ketua Komisi VIII DPR Ashabul Kahfi...
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru