Sabtu, 21 September 2024
Sabtu, 21 September 2024

Sandiaga Berencana Beri Visa Untuk Pekerja Jarak Jauh

JAKARTA, HOLOPIS.COM Pemberian visa digital nomad atau visa bagi pekerja jarak jauh (remote worker), sedang dibahas oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno.

Menurutnya, dari survei yang dilakukan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Menunjukkan 95 persen dari pekerja remote, menjadikan Indonesia khususnya Bali sebagai tujuan pertama untuk pekerjaan jarak jauh.

“Pasca pandemi COVID-19 dan digitalisasi, banyak sekali keinginan remote worker atau digital nomad untuk tinggal di Bali dan di destinasi wisata lain di Indonesia,” kata Sandiaga, Senin (13/6).

Ia pun mencontohkan, ada perusahaan yang mengizinkan karyawan mereka untuk bekerja dari mana saja (work from anywhere), seperti Airbnb.

“Ini menjadi suatu keniscayaan bahwa kita harus mempercepat penerbitan visa digital nomad. Menurut saya, 2022 menjadi tahun yang tepat untuk menerbitkan suatu inovasi, dan inovasi ini adalah game changer, visa digital untuk para remote worker,” ujarnya.

Nantinya, visa digital nomad direncanakan dapat berlaku selama lima tahun guna menarik wisatawan menikmati pariwisata berkualitas dan berkelanjutan di Indonesia.

Harapannya, dengan lama tinggal jauh lebih panjang serta kualitas belanja yang dapat memberikan dampak positif terhadap perekonomian lokal.

Long term visa juga diharapkan menyasar silver economy, yaitu WNA yang mungkin saat musim dingin memiliki preferensi untuk tinggal di Bali atau di destinasi lainnya karena memiliki iklim yang lebih bersahabat,” kata dia.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Kemenhub Dapat Tambahan Anggaran Senilai Rp6,69 Triliun Tahun 2025

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Republik Indonesia (RI) ...

Apakah Makan Es Bisa Membuat Gemuk?

Makan es, terutama dalam bentuk es krim atau dessert beku, sering kali menjadi camilan yang menyenangkan.

4 Tips Menyelamatkan Diri Dari Badai Berbahaya

Belakangan ini, beberapa wilayah di negara-negara Asia Tenggara dilanda topan dan badai yang berbahaya karena dampak dari pemanasan global.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru