Sabtu, 21 September 2024
Sabtu, 21 September 2024

Gubernur Sumbar : Masakan Padang Identik Halal!

JAKARTA, HOLOPIS.COMGubernur Sumatera Barat (Sumbar), Buya Mahyeldi mengaku geram dengan adanya usaha nasi padang babi di Kelapa Gading, Jakarta Utara. Menurutnya, usaha makanan itu tidak sesuai dengan falsafah masyarakat minangkabau yang mayoritas beragama Islam.

Mahyeldi mengusulkan, setiap masakan Padang untuk ke depannya dilabeli sertifikasi dari Ikatan Keluarga Minangkabau (IKM). Hal ini agar tak ada lagi masakan padang yang non halal.

“Pada intinya tidak boleh lagi ada masakan Padang yang nonhalal, kita harus pastikan masakan padang itu semuanya halal dan dapat dikonsumsi oleh umat muslim. Ke depan harus ada sertifikasi oleh IKM, mana yang asli Padang, mana yang bukan. Nanti ada stikernya,” ujar Mahyeldi dari keterangan tertulisnya, Sabtu (11/6).

Mahyeldi berharap, semua usaha masakan padang harus berlandaskan Adat Basandi Syarak, Syarak Basandi Kitabullah (ABS-SBK). Dia juga meminta agar kegiatan pengecekan izin usaha dilakukan lebih ketat untuk menghindari hal serupa.

“Harusnya ini tak boleh terjadi, karena masakan Padang, atau masakan Minang itu identik dengan makanan halal sesuai dengan falsafah dan adatnya yang berlandaskan Islam dan ABS-SBK. Seluruh masakan pakai nama Padang itu adalah makanan halal. Itu sudah jelas,” tegas Mahyeldi.

“Makanya harus di cek lagi, apakah ada izinnya, kenapa pakai nama Padang, apakah orang Padang atau tidak,” lanjutnya.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Pemuda Dibekasi Diduga Setubuhi Anak Dibawah Umur Dengan Modus Konten Tiktok

HOLOPIS.COM, BEKASI - Pemuda 23 tahun berinisial 'FR' ditetapkan...

Kemenhub Dapat Tambahan Anggaran Senilai Rp6,69 Triliun Tahun 2025

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Republik Indonesia (RI) ...

Apakah Makan Es Bisa Membuat Gemuk?

Makan es, terutama dalam bentuk es krim atau dessert beku, sering kali menjadi camilan yang menyenangkan.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru