JABAR, HOLOPIS.COM Bencana banjir melanda kecamatan Ciwidey, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat dan merusak beberapa bangunan.

Plt. Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari mengatakan, banjir yang terjadi sejak Senin (6/6) tersebut, juga merendam pemukiman warga di beberapa desa.

Banjir menerjang satu jembatan di Kabupaten Bandung, Provinsi Jawa Barat dan mengakibatkan rumah warga setempat terendam air,” kata Abdul, Selasa (7/6).

Abdul menjelaskan, jembatan di Desa Ciwidey, Kecamatan Ciwidey, mengalami kerusakan. Jembatan ini mengalami rusak berat akibat banjir yang terjadi setelah hujan lebat.

“Selain jembatan, 8 rumah warga dan masing-masing 1 unit tempat ibadah dan fasilitas pendidikan terdampak. Namun, tidak ada laporan warga yang mengungsi akibat banjir,” terangnya.

Lokasi terdampak lain berada di Desa Pamekaran, Kecamatan Soreang, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

Pascakejadian, BPBD bersama unsur terkait dari TNI, Polri, Satpol PP, Damkar, dinas PUPR dan relawan setempat melakukan upaya penanganan darurat. Para petugas memastikan warga terdampak ditangani dengan baik. BPBD menyampaikan situasi di dua lokasi terdampak telah kembali normal.