JAKARTA, HOLOPIS.COM – Wales vs Ukraina di babak final kualifikasi Piala Dunia 2022 Path A Zona Eropa akan tersaji malam ini, Minggu (5/6) sekitar pukul 23.00 WIB. Lantas siapa yang akan melaju mulus ke Qatar nanti?

Jika dilihat dari sejarah pertemuannya, kedua tim baru bertemu satu kali dalam laga bertajuk International Friendly Games atau pertandingan persahabatan resmi yang diadakan FIFA di tahun 2016 silam. Pada laga tersebut Ukraina menang dengan skor 1-0 tanpa balas atas Wales.

Kini keduanya kembali dipertemukan di laga penentuan lolos tidaknya ke Piala Dunia 2022 Qatar. Dalam hal ini, Wales telah terlebih dahulu memastikan satu tiket final kualifikasi Path A Zona Eropa setelah mengalahkan Austria 2-1.

Kemudian diikuti oleh Ukraina yang pada Kamis (2/6) kemarin secara mengejutkan berhasil menumbangkan Skotlandia dengan skor telak 3-1. Hasil kemenangan tersebut secara otomatis mengantarkan Si Biru Kuning melaju ke final kualifikasi Path A Zona Eropa melawan Wales.

Pada pertandingan hidup mati malam nanti, peta pertarungan semakin tak dapat ditebak siapa yang akan keluar sebagai pemenangnya. Rekor H2H yang pernah terukir sejatinya tak selalu menjamin suatu tim untuk kembali sukses mencatatkan kemenangan.

Begitu pun jika berkaca dalam hal kedalaman skuad, seluruhnya tak selalu menjadi jaminan untuk menentukan kemenangan. Dalam hal ini, tentu Wales lebih diunggulkan apabila dinilai dari sisi kualitas permainan.

Namun, yang sering dilupakan yakni dari sisi mental dan semangat. Suatu tim yang dinilai kalah dalam hal kedalaman skuad condong bermain apa adanya, yang kemudian merasa tak terbebani dengan hasil apa yang akan mereka dapatkan.

Hal tersebut tentunya menjadi poin plus tersendiri, di mana tim yang mengalami itu semua kerap membuat kejutan. Contoh terbaru terukir pada beberapa pertandingan di perhelatan UEFA Nations League yang saat ini tengah bergulir, seperti Denmark yang sukses membungkam Prancis, Kroasia kalah dari Austria hingga paling terbaru yaitu Inggris yang tumbang ditangan Hungaria.

Denmark, Austria hingga Hungaria dinilai bernasib sama dengan Ukraina yang saat ini sedang berjaung untuk lolos ke Piala Dunia 2022 Qatar dengan skuad seadanya. Fakta, Si Biru Kuning sebelumnya sukses menekuk Skotlandia yang di dalamnya ada nama-nama besar seperti Andrew Robertson, Scott Mc Tominay dan lain sebagainya.

Dengan demikian, arti ‘Bola Itu Bundar’ sejatinya melekat pada laga Wales vs Ukraina nanti. Wales berpeluang menang dengan segala pemain ternamanya, begitu pun dengan Ukraina yang juga memiliki peluang menang berdasarkan semangat dan mental yang dipegang erat sampai saat ini.