Sabtu, 21 September 2024
Sabtu, 21 September 2024

Mantap! Jemaah Haji Indonesia Jadi yang Pertama Tiba di Arab Saudi

JAKARTA, HOLOPIS.COM Jemaah haji asal Indonesia dikabarkan menjadi yang pertama tiba di Arab Saudi pada musim haji tahun ini.

Melansir AFP, Sabtu (4/6), jemaah haji Indonesia menjadi kelompok asing pertama yang tiba di Madinah, Arab Saudi pada Sabtu (4/6) waktu setempat. Mereka akan melanjutkan perjalanan ke Mekah dalam beberapa pekan ke depan untuk mempersiapkan ibadah haji bulan depan.

“Hari ini kami menerima kelompok pertama jemaah haji tahun ini dari Indonesia, dan penerbangan akan berlanjut datang dari Malaysia dan India,” tutur Mohammed al-Bijawi dari Kementerian Urusan Haji Arab Saudi.

Pemerintah Saudi pun mengaku senang dengan kedatangan para jemaah Indonesia, setelah 2 tahun lamanya tidak menerima jemaah asing karena pandemi Covid-19.

“Hari ini kami dengan senang menerima tamu-tamu Allah dari luar kerajaan ini, setelah dua tahun terhenti akibat pandemi,” imbuhnya, sembari menambahkan bahwa Saudi ‘sepenuhnya siap’ mengakomodasi para jemaah asing.

Sebelum pandemi, ibadah haji yang berlangsung setiap tahun itu biasanya menjadi pertemuan keagamaan terbesar di dunia, dengan sekitar 2,5 juta orang berpartisipasi tahun 2019 lalu. Setelah pandemi merebak tahun 2020, Saudi mengumumkan hanya akan mengizinkan 1.000 jemaah untuk berpartisipasi.

Setahun kemudian, Saudi meningkatkan kuota jemaah haji menjadi 60.000 warga negara Saudi dan penduduk negara itu yang dipilih melalui undian, dengan syarat semuanya telah divaksinasi Corona secara penuh.

Melarang jemaah asing atau jemaah dari luar Saudi untuk berpartisipasi telah memicu kekecewaan mendalam di kalangan umat Muslim sedunia, terutama bagi mereka yang menabung selama bertahun-tahun demi bisa naik haji.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Gus Yaqut Diterima Menhaj Tawfiq, Bahas Persiapan Haji 2025

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas bertemu...

Kemenag Tegaskan Tidak Ada Jual Beli Kuota Haji

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Isu jual beli kuota haji menjadi...

DPR Puji Haji Tahun 2024, Alhamdulillah Banyak Dapat Pujian Positif

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Ketua Komisi VIII DPR Ashabul Kahfi...
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru