Sabtu, 21 September 2024
Sabtu, 21 September 2024

MUI Siapkan Panduan Qurban di Tengah Wabah PMK

JAKARTA, HOLOPIS.COM Majelis Ulama Indonesia (MUI) masih mempersiapkan panduan mengenai ibadah qurban 1443 H/2022 di tengah maraknya penyakit mulut dan kuku (PMK) yang mewabah.

Ketua MUI Bidang Fatwa, KH Asrorun Niam Sholeh mengatakan, pihaknya di Komisi fatwa akan menggelar rapat khusus untuk drafting sekaligus sidang fatwa sebagai bentuk panduan atau pedoman dari Komisi Fatwa MUI.

Menurutnya, fatwa berkenaan dengan ibadah qurban ini membutuhkan penjelasan utuh mengenai PMK yang tengah marak terjadi. Baik berupa dampaknya, upaya serta langkah mitigasinya.

“Untuk itu MUI mengundang dan mendengar penjelasan ahli dari IPB dan kementan sbg penanggung jawab,” ujar kata Niam seperti dikutip dari laman resmi MUI, Sabtu (28/5).

Sementara itu, Anggota Komisi Ahli Kesehatan Hewan Kesehatan Masyarakat Veteriner, dan Karantina Hewan Kementerian Pertanian (Kementan), Dr Denny Widaya Lukman menjelaskan, bahwa virus PMK ini tidak memiliki dampak apapun pada kesehatan manusia.

Hanya saja, lanjut dia, virus PMK ini perlu diwaspadai untuk mencegah pencemaran lingkungan dan penularannya terhadap hewan ternak dan nonternak lainnya.

“Ini adalah masalah serius pada hewan, kita mengatur lalu lintas peredaran daging qurban, harapannya jikalau ada kemungkinan virus ada di bagian tubuh hewan yang dipotong kemudian tidak terdeteksi, maka tidak akan jatuh/mencemari lingkungan yang nantinya lingkungan itu akan menyebarkan penyakit tersebut ke ternak yang lain,” jelas Denny.

Ia meminta MUI untuk mengimbau masyarakat agar melaksanakan kurban secara daring melalui Rumah Penyembelihan Hewan (RPH) atau tempat yang telah mengantongi izin penyembelihan dari Pemda setempat.

“Mohon MUI agar menghimbau masyarakat agar DKM memaksimakkan memotong daging qurbannya di RPH dan tempat yang mendapat izin dinas saja, dan hanya dilakukan saat hari H, untuk meminimalkan risiko penularan,” ucap Denny.

Walau menurutnya virus PMK tidak berbahaya bagi kesehatan manusia, namun Denny tetap mengingatkan masyarakat untuk memperhatikan panduan qurban tersebut. Sebab, jika penanganan pada daging qurban yang terinfeksi PMK salah, maka bisa mencemari lingkungan sekitar.

“Yang kita khawatirkan adalah pencemaran lingkungan yang akhirnya menulari hewan lain, dan merusak ekosistem, tidak berbahaya untuk manusia,” imbuhnya.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Catat! Mulai Besok Tarif Tol Dalam Kota Jakarta Naik Jadi Segini…

Tarif tol dalam kota Jakarta akan dilakuka penyesuaian alias naik, yang berlaku mulai tanggal 22 September 2024 pukul 00.00 WIB. Besaran kenaikan tarif, berkisar Rp 500 hingga Rp 1500.

Tips Selamatkan Diri dari Banjir Bandang

Banjir bandang adalah salah satu bencana alam yang dapat terjadi secara tiba-tiba dan memiliki dampak yang sangat merusak.

PT KAI Berikan Diskon Tiket 20% di Acara LPS Travel Fair 2024

HOLOPIS.COM, JAKARTA - PT Kereta Api Indonesia atau KAI...
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru