Sabtu, 21 September 2024
Sabtu, 21 September 2024

RESEP : Ikan Gabus Pucung Betawi yang Mantap

JAKARTA, HOLOPIS.COM – Gabus pucung adalah sajian ikan berkuah khas Betawi dengan kuah hitam yang mirip seperti kuah rawon. Pucung sebenarnya adalah bahasa Betawi dari kluwek. Jadi sayur gabus pucung merupakan sayur ikan gabus dengan kuah kluwek. Rasanya asam menyegarkan dan gurih dengan citarasa kluwek yang khas.

Berikut resep ikan kabus pucung yang bisa sabot holopis coba dirumah:

Bahan:

2 ekor ikan gabus besar, bersihkan dan potong-potong
1 buah jeruk nipis
1 sdt garam

Bumbu utuh:

10 buah cabai rawit, kerat-kerat
3 lembar daun salam
3 lembar daun jeruk
2 batang serai, memarkan
2 ruas jahe, memarkan
2 ruas lengkuas, memarkan
5 buah kluwek, seduh dengan air panas secukupnya
2 batang bawang prei, potong-potong
1 buah tomat merah, potong jadi 4
gula dan garam secukupnya
air secukupnya

Bumbu halus:

3 siung bawang putih
10 siung bawang merah
3 ruas kunyit
4 butir kemiri
1/2 sdt ketumbar

Cara Membuat:

  1. Lumuri ikan gabus dengan perasan jeruk nipis dan garam selama 10 menit. Kemudian goreng hingga matang kecokelatan dan bagian luarnya garing, angkat dan sisihkan.
  2. Tumis bumbu halus hingga harum, masukkan semua daun salam, daun jeruk, serai, jahe dan lengkuas, masak lagi bumbu hingga matang.
  3. Tuang kluwek yang sudah direndam bersama dengan seluruh airnya. Aduk rata. Masukkan cabai rawit dan tomat. Tuang air secukupnya untuk kuah, masak hingga mendidih.
  4. Masukkan gula dan garam secukupnya, jika dirasa sudah pas, masukkan ikan gabus dan masak hingga bumbu meresap dan kuah mengental. Taburi dengan daun bawang prei, angkat.
Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Asal Muasal Mitos ‘Ada yang Rindu Jika Bulu Mata Rontok’

Mitos tentang bulu mata yang rontok dan kepercayaan bahwa ada yang merindukan kita sudah ada sejak lama didengar, bahkan dipercayai di berbagai budaya.

Catat! Mulai Besok Tarif Tol Dalam Kota Jakarta Naik Jadi Segini…

Tarif tol dalam kota Jakarta akan dilakuka penyesuaian alias naik, yang berlaku mulai tanggal 22 September 2024 pukul 00.00 WIB. Besaran kenaikan tarif, berkisar Rp 500 hingga Rp 1500.

Tips Selamatkan Diri dari Banjir Bandang

Banjir bandang adalah salah satu bencana alam yang dapat terjadi secara tiba-tiba dan memiliki dampak yang sangat merusak.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru