SURAKARTA, HOLOPIS.COM Presiden Jokowi membagi-bagikan bantuan sosial berupa uang tunai dan bantuan bahan pokok kepada sejumlah pekerja seni dan budaya di Taman Balekambang Surakarta, Kecamatan Banjarsari, Kota Surakarta.

Pembagian bantuan ini dilakukan Jokowi usai menikahkan adiknya Idayati dengan Ketua Mahkamah Konstitusi Anwar Usman di Surakarta.

Sembari memberikan bantuan, Jokowi menjanjikan membangkitkan kembali aktivitas seni dan budaya seiring dengan melandainya kasus Covid-19 di Indonesia.

“Sudah dua tahun ini vakum tidak ada kegiatan dan saya harapkan setelah pandemi bisa kita kendalikan, kita harapkan aktivitas itu bisa dimulai lagi. Seni tradisi, seniman rakyat, wayang orang, reog, ketoprak, semuanya harus hidup kembali dalam rangka merawat, memelihara seni budaya kita,” kata Jokowi, Kamis (26/5).

Jokowi kemudian juga mengungkapkan keinginanya terhadap Taman Balekambang yang telah direvitalisasi ini dapat menjadi pusat kebudayaan.

“Akan memberikan dampak yang baik terhadap seni budaya kita dan utamanya juga bisa menunjukkan bahwa seni tradisi itu tetap hidup sampai kapan pun,” ungkapnya.

Mantan Walikota Solo itu kemudian juga menyampaikan bahwa pemerintah akan selalu mendukung revitalisasi yang berkaitan dengan fasilitas kesenian dan kebudayaan.

“Semua yang berkaitan dengan kebudayaan, seni budaya, pemerintah pusat akan mendorong, di mana pun,” pungkasnya.