JAKARTA, HOLOPIS.COM – Tim basket Indonesia sukses mengantongi medali emas SEA Games 2021 usai berhasil mengandaskan perlawanan sengit dari Filipina dengan skor 85-81, Minggu (22/5).

Dalam pertandingannya, tim basket Indonesia berhasil mencuri keunggulan di kuarter pertama dengan skor tipis 18-14. Kemudian berakhir imbang 18-18 di kuarter kedua.

Memasuki kuarter ketiga, Indonesia mendapat tekanan intens dari Filipina. Tim merah putih akhirnya harus menyerah dengan skor tipis 27-28.

Pada kuarter keempat atau kuarter penentuan, kedua tim baik Indonesia maupun Filipina sama-sama tampil ngotot. Namun, dewi fortuna nampaknya berpihak kepada tim merah putih sehingga mampu unggul 22-21.

Matthew Wright dari Filipina menjelma sebagai pencetak skor tertinggi pertandingan dengan mengemas 23 poin, empat rebounds dan empat assists.

Sementara itu, dari Indonesia sendiri diwakili oleh Marques Bolden dengan menorehkan 18 poin, 10 rebounds dan tiga assists.

Berkat hasil kemenangan tersebut, Indonesia sukses merusak dominasi Filipina di dunia perbasketan Asia Tenggara dan berhak mengantongi medali emas SEA Games 2021.

Tak hanya itu, hasil kemenangan itu juga sekaligus mematahkan rantai rekor kemenangan Filipina atas Indonesia. Diketahui bahwa Indonesia dalam lima pertemuan terakhirnya dengan Filipina tercatat tak pernah memenangkan pertandingan.