Sabtu, 21 September 2024
Sabtu, 21 September 2024

Karyono Wibowo Ingatkan Prabowo-Cak Imin Bukan Koalisi Ideal

JAKARTA, HOLOPIS.COMPengamat Politik dari Indonesian Public Institute (IPI) Karyono Wibowo memberikan peringatan kepada Prabowo Subianto agar tidak menggandeng Abdul Muhaimin Iskandar sebagai duet di Pilpres 2024 mendatang.

Ia menilai, keberadaan Cak Imin bisa merusak elektabilitas Prabowo Subianto yang saat ini sudah stay di puncak survei berbagai lembaga riset yang ada. Sementara sosok Ketua Umum DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) tersebut masih nyungsep di tangga bawah.

“Faktor penyebabnya adalah elektabilitas Prabowo yang tinggi. Tapi masalahnya, elektabilitas Muhaimin bisa menjadi beban bagi Prabowo karena elektabilitas dia yang masih terlalu rendah,” kata Karyono dalam keterangannya yang dikutip oleh Holopis, Jumat (13/5).

Ia malah yakin justru suara pemilih Prabowo akan tereduksi jika sampai menggandeng Ketua Umum PKB itu dalam kontestasi politik elektoral. Bagi Karyono, pasangan Prabowo-Imin sangat tidak ideal dan malah berpotensi kalah.

“Potensi kemenangannya tidak terlalu besar jika mengahadapi pasangan yang ideal dan memiliki potensi elektabilitas lebih tinggi,” ujarnya.

Pengamat politik senior itu memberikan saran kepada siapapun yang berpotensi untuk maju dalam Pilpres 2024, termasuk Prabowo agar tidak serta merta melihat sosok Ketua Umum untuk digandeng dalam bursa Pilpres. Akan tetapi ada faktor yang jauh lebih penting karena berkaitan dengan persepsi pemilih nantinya.

“Untuk mengusung pasangan capres-cawapres tidak ditentukan oleh faktor tunggal oleh ketua umum. Tapi harus melalui pelbagai pertimbangan diantaranya aspek elektabilitas,” pungkas Karyono.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Ngasiman Djoyonegoro Apresiasi Negara Sukses Bebaskan Pilot Susi Air

Analis intelijen, pertahanan, dan keamanan, Ngasiman Djoyonegoro memberikan apresiasi kepada Menhan Prabowo Subianto, TNI, dan Polri yang telah berhasil membebaskan pilot Susi Air Kapten Philip Mark Mehrtens.

Kejagung Sukses Lelang Barang Rampasan Hingga Rp 13 Miliar

Badan Pemulihan Aset Kejaksaan Agung berhasil melakukan proses lelang barang rampasan Skandal Pelabuhan atas nama terpidana Leslie Girianza Hermawan yang juga Direktur PT. Eldin Citra.

Menhan Prabowo Pantau Langsung Proses Pembebasan Pilot Susi Air

Proses pembebasan pilot Susi Air Kapten Philip Mark Mehrtens mendapatkan pengawasan penuh dari pemerintah, khususnya Menteri Pertahanan Prabowo Subianto.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru