Sabtu, 21 September 2024
Sabtu, 21 September 2024

Singapura Kirim Kapal Penyelamat MV Swift Rescue untuk Cari KRI Nanggala 402

JAKARTA, HOLOPIS.COM – Singapura mengirim kapal penyelamat pada Rabu sore untuk membantu pencarian kapal selam KRI Nanggala-402 yang hilang di laut Bali.
“Kapal penyelamat MV Swift Rescue Angkatan Laut Republik Singapura dikirim setelah Kepala Staf Angkatan Laut Singapura menerima permintaan bantuan dari Indonesia,” tulis Menteri Pertahanan Singapura Ng Eng Hen, dikutip dari akun resmi Facebook-nya, Kamis 22 April 2021.
Tim medis juga ditambahkan ke kru reguler jika perawatan hiperbarik diperlukan, kata Ng Eng Hen.
Diketahui, kapal selam KRI Nanggala yang akan melaksanakan penembakan Torpedo SUT meminta izin menyelam pada Rabu pukul 03.00 WIB. Setelah diberikan izin menyelam sesuai prosedur, kapal hilang kontak dan tidak bisa dihubungi.
Selanjutnya diadakan pencarian oleh kapal lain yang terlibat dalam Satgas latihan tersebut. Pada 07.00 WIB (22/04) melalui pengamatan udara dengan helikopter, ditemukan tumpahan minyak di sekitar posisi awal menyelam.
Dalam latihan tersebut KRI Nanggala membawa 53 awak, dengan rincian 49 ABK, 1 komandan kapal, dan 3 orang Arsenal.
“Lokasi operasi pencarian, dekat Bali, berjarak lebih dari 1.500 km dan perairan dalam, itulah sebabnya MV Swift Rescue segera berlayar,” kata Ng Eng Hen.
TNI AL telah mengirimkan distres ISMERLO (International Submarine Escape and Rescue Liaison officer). Beberapa negara sudah merespons dan siap memberikan bantuan di antaranya adalah AL Singapura, AL Australia, dan AL India.
Singapura juga menyampaikan doa dan harapan untuk keselamatan awak KRI Nanggala-402 serta kepada tim pencari TNI AL yang ada di lokasi. (Mhd)

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Ngasiman Djoyonegoro Apresiasi Negara Sukses Bebaskan Pilot Susi Air

Analis intelijen, pertahanan, dan keamanan, Ngasiman Djoyonegoro memberikan apresiasi kepada Menhan Prabowo Subianto, TNI, dan Polri yang telah berhasil membebaskan pilot Susi Air Kapten Philip Mark Mehrtens.

Kejagung Sukses Lelang Barang Rampasan Hingga Rp 13 Miliar

Badan Pemulihan Aset Kejaksaan Agung berhasil melakukan proses lelang barang rampasan Skandal Pelabuhan atas nama terpidana Leslie Girianza Hermawan yang juga Direktur PT. Eldin Citra.

Menhan Prabowo Pantau Langsung Proses Pembebasan Pilot Susi Air

Proses pembebasan pilot Susi Air Kapten Philip Mark Mehrtens mendapatkan pengawasan penuh dari pemerintah, khususnya Menteri Pertahanan Prabowo Subianto.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru