CIREBON, HOLOPIS.COM Banjir dengan ketinggian mencapai 150 sentimeter menerjang pemukiman warga yang ada di Kabupaten Cirebon, Jawa Barat.

Plt. Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari mengatakan, banjir yang terjadi sejak Senin (9/5) tersebut terjadi setelah hujan dengan intensitas tinggi serta meluapnya sungai hingga masuk ke pemukiman warga.

“Sebanyak 662 unit rumah warga terdampak akibat banjir yang melanda Kabupaten Cirebon, Adapun wilayah terdampak yakni Desa Karangasem, Desa Kebarepan, Desa Kedungsana yang terletak di Kecamatan Plumbon dan Desa Cirebon Girang di Kecamatan Talun,” kata Abdul, Selasa (10/5).

Abdul mengungkapkan, banjir mengakibatkan sedikitnya 775 KK terdampak dengan ketinggian banjir berkisar antara 30 – 150 sentimeter.

Selain kerusakan rumah, Abdul juga mengatakan, terdapat sarana pendukung yang terdampak yakni satu unit sarana pendidikan dan tiga unit fasilitas ibadah ikut teregenang banjir.

Kondisi terkini menurut Abdul, banjir perlahan sudah mulai surut dibandingkan sebelumnya. Petugas setempat kemudian membantu warga membersihkan rumah dari material yang terbawa saat terjadi banjir.