JAKARTA, HOLOPIS.COM – Capres Filipina Ferdinand Marcos Jr tampaknya akan memenangkan perebutan kursi kepresidenan berdasarkan quick count.

Marcos Jr yang juga dikenal dengan panggilan Bongbong ini mengumpulkan suara melebihi 27.5 juta yang sudah cukup menjadi jumlah mayoritas.

“Saya harap kalian tidak lelah mempercayai kami,” kata Marcos kepada para pendukungnya melansir CNA, Selasa (10/5).

Seperti diketahui, Marcos adalah anak dari diktator Filipina, mendiang Ferdinand Marcos, yang dijatuhkan pada tahun 1986 oleh masyarakat.

Kemenangan Marcos pun akan mengembalikan kekuasaan keluarga Marcos 36 tahun setelah mereka diasingkan.

Ferdinand dan Imelda Marcos
Mantan diktator Filipina, Ferdinand dan Imelda Marcos (Foto: Wikimedia Commons: Marvin D. Lynchard, USAF)

Meskipun diasingkan, keluarga Marcos kembali ke Filipina di tahun 90-an dan tetap menunjukkan kekuatan di dunia politik Filipina dan pengaruh dengan masyarakat kalangan atas.

“Ada banyak yang harus kita lakukan, tugas sebesar ini tidak hanya bisa dilakukan oleh satu orang saja,” kata Marcos Jr.

Marcos Jr telah berkarir di dunia politik sebagai gubernur, anggota kongres dan senator. Sementara saudara perempuannya Imee, saat ini menjadi seorang anggota senat.

Ibu Marcos Jr dan janda dari mendiang diktator, Imelda Marcos telah menjabat empat periode di kongres, dan putra dari Marcos Jr, Ferdinan Alexander siap memenangkan kursi di Kongres.

Hasil secara resmi pemilihan presiden Filipina akan diumumkan di akhir bulan nanti.