JAKARTA, HOLOPIS.COMPabrik kendaraan listrik rencananya, akan dibangun Hyundai Motor Co. di Amerika Serikat. Dilansir dari Yonhap, Selasa (10/5). memang belum ada penjelasan rinci terkait investasi, lokasi dan jumlah pekerjaan yang akan dibuat.

Namun, ketika Presiden AS Joe Biden mengunjungi Seoul. Hyundai baru dapat umumkan rencana investasinya di pabrik kendaraan listrik baru di AS.

Bulan lalu, pembuat sedan Sonata dan SUV Palisade itu mengumumkan akan menginvestasikan 370 miliar won (300 juta dollar AS) di pabrik Alabama untuk memulai produksi kendaraan ramah lingkungan akhir tahun ini.

Hyundai mengatakan akan meningkatkan jalur perakitan pabrik yang ada untuk produksi model hibrida bensin Santa Fe dan SUV Genesis GV70 listrik, masing-masing pada Oktober dan Desember.

Hyundai Motor memiliki pabrik di Atlanta, dan afiliasinya yakni Kia Corp. memiliki pabrik di Georgia.

Hyundai memiliki tujuh pabrik domestik di Korea dan 11 pabrik di luar negeri, meliputi empat di China dan masing-masing satu di Amerika Serikat, Republik Ceko, Turki, Rusia, India, Brasil, dan Indonesia. Kapasitas gabungan mereka mencapai 5,65 juta kendaraan.

Sementara itu, Kia memiliki delapan pabrik domestik dan tujuh pabrik di luar negeri, yakni tiga di China dan masing-masing satu di Amerika Serikat, Slovakia, Meksiko, dan India. Kapasitas keseluruhan mereka adalah 3,84 juta unit.