JAKARTA, HOLOPIS.COM Pemerintah diminta meningkatkan kewaspadaannya untuk penanganan penyakit hepatitis akut yang saat ini sudah muncul di berbagai banyak daerah.

Anggota Komisi IX DPR RI Netty Prasetiyani mendesak pemerintah menggencarkan penelitian dan pemeriksaan spesimen terkait kemunculan hepatitis akut misterius yang menyerang anak-anak.

“Hal ini penting dilakukan agar kita tidak salah langkah dalam mengantisipasi penyebaran hepatitis misterius yang sudah menyerang banyak negara ini,” kata Netty, Senin (9/5).

Politisi fraksi PKS itu juga meminta pemerintah memberi informasi yang jelas kepada masyarakat mengenai penyakit ini. Masyarakat harus mendapatkan penjelasan gamblang sehingga tidak menimbulkan kepanikan.

“Penting untuk menginformasikan peta penyebaran kasus, upaya yang dilakukan pemerintah dan kesiapan sistem kesehatan dalam melakukan antisipasi lonjakan kasus agar rakyat dapat berpartisipasi aktif melakukan pencegahan,” tukasnya.

Selain itu, ia juga mengingatkan pemerintah untuk menyiapkan fasilitas dan tenaga kesehatan supaya hepatitis akut misterius itu dapat tertangani bila kasusnya melonjak.

Sebagaimana diberitakan, pada 1/5/2022, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengumumkan Kejadian Luar Biasa (KLB) terkait adanya 228 kasus hepatitis yang terjadi di 20 negara.

Hingga saat ini, WHO dan banyak negara masih melakukan investigasi terhadap penyebab dan perkembangan penyakit hepatitis misterius tersebut.