JAKARTA, HOLOPIS.COM – Dalam acara pelepasan kontingen Indonesia ke SEA Games 2021 Vietnam, Presiden Jokowi berharap Indonesia mampu menembus tiga besar.

Presiden Jokowi menyatakan bahwa dirinya ingin para atlet yang berjuang di SEA Games 2021 Vietnam mampu meraih prestasi yang setinggi-tingginya demi mengharumkan nama bangsa Indonesia.

“Segera kita lepas kontingen SEA Games ke-31 ke Vietnam. Saya ingin kontingen yang sekarang, yang disampaikan Menpora, lebih ramping. Tetapi kita semuanya masyarakat Indonesia juga ingin kontingen meraih prestasi yang setinggi-tingginya, meraih medali sebanyak-banyaknya, untuk mengharumkan nama negara kita, bangsa kita Indonesia,” ucap Presiden Jokowi.

Presiden Jokowi juga menegaskan bahwa prestasi Indonesia diharapkan lebih baik dari turnamen SEA Games sebelumnya.

“Saya ingat di SEA Games sebelumnya, di SEA Games Singapura kita berada di peringkat kelima. Kemudian di Malaysia, kita juga masih di peringkat 5, dan pada SEA Games 2019 di Filipina kita masuk peringkat empat. Kali ini kita semua ingin agar SEA Games ke-31 di Vietnam kita bisa masuk ke ranking yang ketiga, yang kedua, atau yang kesatu,” tegasnya.

Sebagai informasi tambahan, Indonesia tercatat memberangkatkan kontingen ke SEA Games 2021 di Vietnam sebanyak 776 orang yang terdiri dari 499 atlet, 214 ofisial dan 63 orang pendamping dengan mengikuti 318 nomor pertandingan dari 32 cabang olahraga (cabor).