JAKARTA, HOLOPIS.COM Dua musisi legendaris asal Irlandia, Bono dan The Edge dari band U2 menghibur ratusan warga Ukraina yang berlindung di stasiun kereta bawah tanah Khreshchatyk melalui pertunjukan musik akustik selama 40 menit. Kehadiran mereka itu atas undangan Presiden Volodymyr Zelensky.

“Orang-orang di Ukraina tidak hanya berjuang untuk kebebasan Anda sendiri, Anda berjuang untuk kita semua yang mencintai kebebasan,” ujar Bono kepada penonton, dilansir Fox News, Senin (9/5).

“Kami berdoa agar Anda segera menikmati kedamaian itu,” sambung Bono.

Sejumlah hits klasik U2 seperti “With or With You” dan “Desire” dilantunkan dua musisi itu. Dalam kesempatan itu, Bono mengundang seorang tentara Ukraina untuk bergabung dengan mereka menyanyikan lagu karya Ben E. King “Stand by Me,” dengan mengubah kata “Me” menjadi “Ukraina.”

Sebelumnya Bono sempat menulis di twitter pada Minggu pagi bahwa Presiden Ukraina telah mengundang mereka untuk tampil di Kyiv sebagai pertunjukan solidaritas dengan rakyat Ukraina.

“Mereka bisa mengambil nyawamu, tapi mereka tidak akan pernah bisa mengambil harga dirimu,” kata Bono kepada penonton di sela-sela lagu.

Kehadian dua musisi itu ditanggapi Menteri Luar Negeri AS Anthony Blinken. Lewat cuitannya di akun Twitter ia ikut menyemangati rakyat Ukraina.