Sabtu, 21 September 2024
Sabtu, 21 September 2024

Kemenkes: Vaksinasi Covid-19 Tak Ada Kaitannya dengan Hepatitis Akut pada Anak

JAKARTA, HOLOPIS.COM Kementerian Kesehatan menegaskan bahwa vaksinasi Covid-19 tak ada kaitannya dengan penyakit hepatitis akut pada anak yang terjadi beberapa hari belakangan ini.

“Kejadian ini dihubungkan dengan vaksin Covid-19, itu tidak benar. Karena kejadian saat ini tidak ada bukti bahwa itu berhubungan dengan vaksinasi Covid-19,” tegas Lead Scientist untuk kasus Hepatitis Akut, Prof dr Hanifah Oswari, Kamis (5/5).

Meski demikian, Kemenkes, kata Prof Hanifah, terus mengupayakan peningkatan kewaspadaan, pencegahan, dan pengendalian infeksi hepatitis akut pada anak. Di antaranya dengan mengeluarkan Surat Edaran Nomor HK.02.02/C/2515/2022 tentang Kewaspadaan terhadap Penemuan Kasus Hepatitis Akut yang Tidak Diketahui Etiologinya (Acute Hepatitis of Unknown Aetiology).

Selain itu, Kemenkes telah menunjuk antara lain Rumah Sakit Penyakit Infeksi Prof. dr. Sulianti Saroso dan Laboratorium Fakultas Kedokteran UI sebagai laboratorium rujukan untuk pemeriksaan spesimen.

Pemerintah juga meminta seluruh tenaga kesehatan dan fasilitas pelayanan kesehatan untuk menerapkan pencegahan dan pengendalian infeksi, khususnya untuk infeksi virus. Selain itu juga diharapkan adanya rumah sakit rujukan di setiap kabupaten/kota.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Waspada! Mpox di Afrika Sudah Tak Terkendali

HOLOPIS.COM - Angka kasus cacar monyet (monkey pox/Mpox) di...

Monkey Pox Ditularkan oleh Homo Seksual

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin membenarkan...

Menkes Bongkar Bobroknya Sistem Kesehatan di Indonesia

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Budi Gunadi...
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru