Sabtu, 21 September 2024
Sabtu, 21 September 2024

Korut Tembak Rudal Balistik ke Laut Jepang, Korsel Bersiap

JAKARTA, HOLOPIS.COM – Korea Selatan melaporkan bahwa Korea Utara menembakkan rudal balistik ke arah Laut Jepang pada hari ini, Rabu (4/5).

Melihat apa yang dilakukan.korut, korsel pun langsung bersiaga.

“Satu rudal balistik ditembakkan Korea Utara hari ini pukul 12.03 dari sekitar Sunan ke arah Laut Timur [Laut Jepang],” demikian pernyataan Kepala Staf Gabungan Korsel yang dikutip AFP.

Pernyataan itu berlanjut, “Saat ini, militer kami dalam postur siaga dengan melacak dan memantau pergerakan terkait kemungkinan persiapan peluncuran lanjutan.”

Sementara itu, Coast Guard Jepang juga menyatakan bahwa Korut meluncurkan “kemungkinan rudal balistik.”

Jika betul, maka Korut tercatat sudah lebih dari tujuh kali melakukan uji coba rudal sepanjang tahun ini, termasuk yang diduga rudal antar-benua “monster” Hwasong.

Pemimpin Korea Utara, Kim Jong-un, memang mengaku ingin memperkuat program senjata nuklir sebagai simbol kekuatan nasional saat menghadiri parade militer pada akhir April lalu.

“Kami akan terus mengambil langkah untuk memperkuat dan mengembangkan kemampuan nuklir negara kami dengan kecepatan tertinggi,” kata Kim, seperti dikutip media pemerintah Korut, KCNA.

Bagi Kim, senjata nuklir Korut merupakan tanda kekuatan nasional dan harus didiversifikasi.

“Dalam persiapan untuk situasi politik dan militer yang bergejolak, dan semua jenis krisis di masa mendatang, kami akan lebih meningkatkan kekuatan nuklir,” ucap Kim.

Kim mengklaim, senjata nuklir Korut merupakan alat untuk berjaga-jaga. Nuklir itu bisa dikerahkan jika kepentingan mendasar Pyongyang diserang.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Tema Hari Perdamaian Internasional 2024 : Membangun Budaya Damai

Hari Perdamaian Internasional yang diperingati setiap tanggal 21 September setiap tahunnya menjadi momen refleksi bagi seluruh umat manusia untuk mengupayakan perdamaian dunia.

Donald Trump Akan Salahkan Rakyat Yahudi Jika Ia Kalah Pilpres AS 2024

Mantan Presiden Amerika Serikat yang juga sekaligus kandidat Presiden dari Partai Republik Donald Trump mengatakan bahwa pemilih Yahudi – Ameirka Serikat akan ikut disalahkan jika ia tidak berhasil memenangkan pemilu 5 November mendatang.

China Kembali Dihantam Topan, Ratusan Ribu Orang Dievakuasi

Jalanan di lingkungan kota Shanghai China kembali dihadapi topan kedua dalam seminggu. Curah hujan yang terjadi di negara tirai bambu tersebut telah memecahkan rekor lokal di beberapa bagian kota.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru