Sabtu, 21 September 2024
Sabtu, 21 September 2024

Jangan Lama-lama! Di Toilet Lebih dari 10 Menit Ternyata Berbahaya

JAKARTA, HOLOPIS.COMKebanyakan orang pasti pernah berlama-lama di toilet untuk menguras perut sembari membaca koran maupun bermain ponsel.

Sebagian orang bahkan menganggap toilet sebagai ‘thinking room‘ atau ruangan untuk berfikir, karena toilet seperti telah menjadi salah satu tempat untuk menjauh dari kebisingan hidup.

Jika dilihat sepintas, aktivitas ini seakan aman-aman saja. Paling-paling hanya membuat keributan dengan anggota keluarga lain yang juga ingin ke toilet.

Padahal menurut penelitian, berada di dalam toilet lebih dari 10 menit sangat berbahaya bagi kesehatan. Lantas, mengapa bisa demikian?

Melansir dari Times of India, berlama-lama di toilet, terlebih sambil membawa ponsel akan membuat ponsel 18 kali lebih rentan terpapar kuman.

Dalam sebuah penelitian menyebutkan, bahwa bahwa 1 dari 6 ponsel yang dibawa ke toilet memiliki jejak feses di permukaannya tanpa disadari oleh pemiliknya.

Selain itu, bahaya lain akibat terlalu lama di toilet adalah penyakit wasir dan pembuluh darah yang menonjol di sekitar anus. Hal ini karena duduk atau jongkok terlalu lama bisa memicu hemoroid yang merupakan penyebab wasir.

Jika penyebab Sobat Holopis terlalu lama di toilet karena sembelit. Sobat harus lebih membatasi waktu buang air besar, karena ketika memaksa buang air akan menimbulkan tekanan berlebih pada pembuluh darah di rektal. Hal ini tentu akan berdampak buruk bagi kesehatan.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Jagal di Gunungkidul Diminta Tak Sembelih Hewan Ruminansia dan Cegah Penyakit Ternak Zoonasis

Kepolisian Daerah (Polda) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) bersama Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (DPKH) dan Dinas Kesehatan (Dinkes) Gunungkidul melakukan sosialisasi dan edukasi larangan penyembelihan hewan ruminansia dan bahaya penyakit binatang ternak zoonosis.

Waspada! Mpox di Afrika Sudah Tak Terkendali

HOLOPIS.COM - Angka kasus cacar monyet (monkey pox/Mpox) di...

Monkey Pox Ditularkan oleh Homo Seksual

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin membenarkan...
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru