Sabtu, 21 September 2024
Sabtu, 21 September 2024

7 Manfaat Biji Gandum Bagi Tubuh : Cegah Kanker Usus Hingga Turunkan Berat Badan

JAKARTA, HOLOPIS.COM – Biji gandum memiliki segudang manfaat bagi tubuh, terutama untuk pencernaan. Gandum sendiri memiliki kandungan karbohidrat, protein dan serat yang cukup tinggi.

Dilansir dari SehatQ. dalam 100 gram biji gandum setidaknya mengandung 300 kalori, 72 gram karbohidrat, 13 gram protein, 10 gram serat dan dua gram lemak. Berikut ini tujuh manfaat biji gandum bagi tubuh.

1. Mencegah Kanker Usus Besar

Sebuah studi menilai bahwa seseorang yang memiliki pola malam rendah serat maka dapat berisiko terkena kanker usus besar.

Maka dari itu, biji gandum muncul sebagai salah satu solusi untuk menurunkan risiko kanker karena memiliki kandungan serat yang cukup tinggi.

Biji gandum itu sendiri mengandung fitonutrien dan antioksidan yang berpotensi mengurangi risiko kanker usus besar.

2. Menjaga Kesehatan Usus

Biji gandum kaya akan serat. Biji gandum diyakini berfungsi sebagai prebiotik sehingga dapat memberi makan beberapa bakteri baik dalam usus.

3. Membantu Mencegah Batu Empedu

Dengan cara mengonsumsi makanan yang tinggi akan serat tidak larut seperti roti dan sereal yang tebuat dari bahan dasar gandum utuh diyakini bisa mencegah penyakit batu empedu.

Hal tersebut terjadi karena serat tidak larut tidak hanya mempercepat waktu pergerakan makanan di usus, namun juga menguras sekresi asam empedu yang apabila berlebihan bisa memicu pembentukan batu empedu hingga menurunkan lemak darah.

4. Menurunkan Kolestrol

Biji gandum salah satu fungsinya dapat menyerap kolestrol jahat dan menurunkan kadar trigliserida di tubuh yang dikaitkan dengan penyakit jantung. Tak hanya itu, mengonsumsi biji gandum juga dapat menurunkan tekanan darah.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Waspada! Mpox di Afrika Sudah Tak Terkendali

HOLOPIS.COM - Angka kasus cacar monyet (monkey pox/Mpox) di...

Monkey Pox Ditularkan oleh Homo Seksual

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin membenarkan...

Menkes Bongkar Bobroknya Sistem Kesehatan di Indonesia

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Budi Gunadi...
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru