BANTEN, HOLOPIS.COM Pegerakan masyarakat yang akan mudik melalui pelabuhan Merak, Banten saat ini mulai mengalami perubahan waktu dibanding beberapa hari sebelumnya.

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengungkapkan, dari laporan yang diterimanya, tren waktu favorit penyeberangan para pemudik saat ini cenderung mulai menumpuk di siang hari.

“Dari laporan yang diterima, Pelabuhan Merak telah masuk ke dalam situasi kuning lantaran terjadinya lonjakan penumpang,” kata Sigit, Selasa (26/4).

Sigit juga menjelaskan, situasi kuning tersebut juga berarti ada penyetopan sementara di jalur yang sudah dipersiapkan sebelumnya.

“Kemudian kita liat juga diseluruh dermaga terlihat sudah penuh. Artinya disatu sisi kita melihat bahwa terjadi pergeseran waktu masyarakat yang akan melaksanakan mudik khususnya di wilayah Merak,” bebernya.

Sementara itu, dalam persiapan pengamanan, Sigit mengungkapkan bahwa pihaknya bersama instansi terkait telah menyiapkan fasilitas yang disediakan untuk melayani para pemudik dan warga setempat yang hendak melengkapi vaksinasi hingga dosis III atau Booster di pelabuhan Merak.

Tak hanya itu, demi memastikan keamanan masyarakat yang hendak mudik, Kapolri menegaskan, pihaknya juga telah melakukan pemantauan dan pengawasan di posko Command Center yang telah disediakan.

“Tadi di pos pam di monitor bagaimana semua terkoneksi dengan BNPB dan stakeholder lainnya termasuk situasi-situasi yang memang harus diketahui dengan menggunakan CCTV dan tersambung Command Center kita lihat semua terkoneksi dengan baik,” jelasnya.

Sigit kemudian juga telah memerintahkan Polda Banten dan Polda Lampung untuk menyiapkan tim atau satgas untuk mencegah terjadinya aksi kriminalitas seperti begal terhadap para pemudik.

Dengan dikerahkannya tim tersebut, Sigit mengimbau kepada para pemudik untuk tidak perlu cemas dan khawatir untuk melakukan perjalanan mudik khususnya di waktu-waktu yang rawan. Pasalnya, aparat kepolisian akan memastikan keamanan dari masyarakat yang hendak merayakan Lebaran bersama keluarga di kampung halamannya masing-masing.

“Jadi masyarakat diharapkan tidak usah cemas dan takut. Karena Polri dengan seluruh stakeholder yang ada telah mempersiapkan tim. Sehingga masyarakat yang mudik khususnya di waktu atau jam rawan ada satgas yang siap untuk mengawal. Sehingga masyarakat bisa mudik dan selamat sampai di rumah,” pungkasnya.