JAKARTA, HOLOPIS.COM – Presiden Rusia Vladimir Putin memberikan selamat kepada Emmanuel Macron atas kemenangannya kembali dalam pemilihan presiden Prancis.

“Saya dengan tulus mendoakan keberhasilan Anda dalam kegiatan kenegaraan Anda, serta kesehatan yang baik dan kesejahteraan,” ujar Putin dalam sebuah telegram kepada Macron, menurut sebuah pernyataan dari Kremlin seperti diberitakan kantor berita AFP, Senin (25/4).

Macron diketahui merupakan salah satu dari sedikit pemimpin Barat yang menghubungi Putin sejak Rusia mengirimkan pasukan ke Ukraina. Macron telah menghabiskan waktu berjam-jam di telepon untuk menegosiasikan resolusi konflik Rusia-Ukraina dengan Putin.

Namun, meski tak menemukan hasil dari negosiasi itu, saluran diplomatiknya ke Moskow tetap terbuka, Prancis di bawah Macron juga ikut menerapkan rentetan sanksi internasional terhadap Rusia yang dijatuhkan atas invasi militer ke Ukraina.

Sebagaimana diketahui, Macron kembali terpilih sebagai presiden Prancis setelah berhasil mengalahkan Marine Le Pen dalam pemilihan presiden Minggu (24/4). Macron akan menjalani periode keduanya selama lima tahun ke depan.

Macron menang dengan total perolehan suara 58,55%, unggul dengan margin yang lebih besar dari perkiraan. Sementara, Le Pen sebagai tokoh oposisi sayap kanan hanya mendapat 41,45% suara.

Macron mengatakan kepada para pendukungnya yang bergembira di sekitar Menara Eiffel bahwa pemilihan presiden telah usai dan dia akan menjadi “presiden untuk semua”.