JAKARTA, HOLOPIS.COM Petunjuk arah seperti Google Maps jadi aplikasi yang wajib ada di handphone, apalagi bagi Sobat Holopis yang akan melakukan perjalan mudik dengan kendaraan pribadi.

Dengan Google Maps, Sobat Holopis bisa menggunakan secara online menggunakan sambungan internet, atau offline tanpa perlu terkoneksi dengan internet.

Penggunaan Google Maps offline ini, sangat berguna jika sedang berada di lokasi yang sinyal internetnya susah atau lambat.

Lalu, bagaimana cara menggunakan Google Maps Online.

Pertama :
Buka aplikasi Google Maps, kemudian klik tombol akun foto profil atau inisial Sobat Holopis di kolom search paling kanan, di samping mikrofon.

Kedua :
Di menu muncul pilihan, kemudian Sobat Holopis bisa pilih offline maps (peta offline). Selanjutnya, unduh lokasi yang diinginkan. Jika area yang dipilih semakin luas, maka akan banyak data yang di unduh.

Ketiga :
Peta lokasi yang dipilih akan terunduh. Untuk mengunduh data, Sobat Holopis bisa memgunduh menggunakan WiFi untuk menghemat data.

Namun, Google Maps Offline memang ada kekurangan saat digunakan. Seperti tidak ada petunjuk arah angkutan umum, bersepeda atau jalan kaki. Kemudian, tidak ada informasi kondisi lalu lintas, rute alternatif dan panduan jalur.

Jika dirasa sudah tidak diperlukan lagi, Sobat Holopis bisa langsung menghapusnya. Caranya :

1. Buka Google Maps, klik tombol akun foto profil atau inisial Anda di kolom search paling kanan, di samping mikrofon.
2. Pilih menu offline maps (peta offline)
3. Pilih peta yang ingin Anda hapus

Selamat mencoba, semoga perjalanan mudik Sobat Holopis berjalan lancar dan aman sampai kampung halaman.