JAKARTA, HOLOPIS.COM Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi menyampaikan apresiasi kepada masyarakat yang telah melaksanakan anjuran pemerintah untuk mudik lebih awal.

Hal itu disampaikan Budi saat melakukan sidak ke Bandara Internasional Soekarno Hatta (Soetta) pada hari ini, Minggu (24/4).

“Ini berarti anjuran mudik lebih awal sudah dilakukan,” ujar Menhub dalam siaran pers, Minggu (24/4).

Menhub mengatakan, pergerakan penumpang di Bandara Soetta mengalami peningkatan sebesar 100 persen lebih dalam dua hari ini. Hal itu tercermin dari pergerakan pesawat yang sudah mencapai 900 pergerakan per hari, dari yang sebelumnya sekitar 400 pergerakan per hari.

“Okupansinya sudah mendekati 100 persen,” ujar Menhub dalam siaran pers, Minggu (24/4).

Menhub menjelaskan, aspek keselamatan menjadi penting untuk disiapkan. Mulai dari pemeriksaan kelayakan pesawat melalui kegiatan ramp check, maupun pemeriksaan kesehatan awak pesawat.

Selain itu, ketersediaan armada pesawat, serta pengecekan syarat kesehatan dan pengawasan penerapan protokol kesehatan juga patut menjadi perhatian utama.

Lebih lanjut, Menhub meyakini, dengan adanya koordinasi dan komunikasi yang baik antar pihak terkait, penyelenggaraan mudik lebaran tahun ini terlaksana dengan baik.

“Kepada para petugas, lakukan dengan tegas namun tetap sopan, bersahabat, dan melayani dengan ramah. Mari bersama-sama kita wujudkan mudik yang aman dan sehat,” ujar Menhub.

Sekadar informasi, Kemenhub memprediksi sebanyak 8,9 juta atau 10 persen dari total pemudik akan melakukan perjalanan dengan menggunakan moda transportasi pesawat pada mudik tahun ini.