Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024

Peringatan Hari Solidaritas Asia-Afrika, yuk Pelajari Sejarah Singkatnya

JAKARTA, HOLOPIS.COM – Hari ini di tanggal 24 April diperingati sebagai Hari Solidaritas Asia-Afrika. Hari tersebut adalah peringatan dunia yang menjadi usaha untuk semakin menguatkan solidaritas di negara-negara Asia dan juga Afrika.

Tak hanya itu, melansir dari laman Kebudayaan Kemdikbud, perayaan hari ini juga untuk mengukuhkan solidaritas Asia-Afrika.

Sejarah Singkatnya

Ide pertama kali tercetuskan Konferensi ini adalah oleh Presiden pertama Indonesia, Soekarno, melalui Perdana Menteri Indonesia, Ali Sastroamidjojo.

Ini adalah cita-cita bersama selama hampir 30 tahun setelah didengungkannya solidaritas Asia-Afrika melalui pergerakan nasional melawan penjajahan.

Konferensi Asia-Afrika ini disponsori lima negara, termasuk di dalamnya Myanmar, India, Indonesia, Pakistan, dan Sri Lanka.

Selain itu, pertemuan ini juga melibatkan 24 negara di Asia–Afrika yang berjalan dari tanggal 18 April sampai 24 April 1955.

Dengan adanya Konferensi Asia-Afrika, dapat menghasilkan kesepakatan seperti Komunike Akhir Konferensi Asia-Afrika, yang dimuat di dalam Dasasila Bandung.

Konferensi Asia-Afrika disponsori oleh lima negara yaitu Myanmar, India, Indonesia, Pakistan dan Sri Lanka. Pertemuan ini melibatkan 24 negara lainnya dari Asia dan Afrika yang berlangsung dari tanggal 18 April hingga 24 April 1955. Konferensi Asia-Afrika menghasilkan kesepakatan berupa Komunike Akhir Konferensi Asia Afrika yang dimuat dalam Dasasila Bandung.

Diadakan pertamakali di Bandung pada tahun 1955, membuat Bandung didaulat menjadi secara simbolis sebagai Ibu Kota Asia-Afrika. Sehingga, pada perayaan 60 tahun KAA pada tahun 2015 lalu, Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi menetapkan tanggal 24 April sebagai Hari Solidaritas Asia-Afrika.

Sesuai dengan pidato pembukaan Sukarno, “Let a New Asia And a New Africa be Born,” yang berarti kelahiran Asia dan Afrika yang baru, hari solidaritas ini diharapkan dapat menjadi peringatakan untuk semakin meningkatkan rasa saling mendukung dan kerja sama Asia-Afrika dalam menghadapi masa yang akan datang.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Kebakaran Landa Sukabumi Selatan Kebon Jeruk, Ratusan Petugas Damkar Dikerahkan

Terjadi kebakaran di Jalan Arsirad RT 09/RW 03, Kelurahan Sukabumi Selatan, Kebon Jeruk, Jakarta Barat. Ratusan petugas pemadam kebakaran (damkar) pun dikerahkan ke lokasi kejadian.

Hari Kebebasan Sedunia : Momentum Runtuhnya Komunisme di Eropa Timur

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Hari Kebebasan Dunia yang selalu diperingati...

Kebakaran Hebat di Dekat Rusun RPTRA Albo Lestari Cakung, 120 Personel Damkar Dikerahkan

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Kebakaran hebat kembali terjadi di kawasan...
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru